Badminton Lovers

Badminton is My Life

Pemain Perancis Kalah dari Indonesia

Posted by febrikusuma on July 23, 2010

SURABAYA, Kompas.com – Para pebulu tangkis Perancis tidak mematok target dalam keikutsertaannya di ajang “Sunkist Indonesia International Challenge Indocock Djarum Open 2010” di GOR Sudirman Surabaya pada 27-31 Juli 2010.

Pelatih tim bulu tangkis Perancis Arif Rasidi yang ditemui di Surabaya, Kamis, mengatakan keikutsertaan anak asuhnya di turnamen tahunan ini, lebih bertujuan mencari pengalaman tanding di luar negaranya.  “Kami membawa sembilan pemain yang semuanya masih junior. Mereka memang pemain-pemain pelapis yang disiapkan untuk masa depan,” paparnya kepada Antara.

Arif Rasidi yang pernah menghuni Pelatnas Cipayung di tahun 1998-2001 itu, mengakui kualitas anak asuhnya tidak sebagus pemain-pemain Indonesia, namun diharapkan mereka tetap bisa memberikan perlawanan maksimal.

Dari daftar undian yang dirilis panitia “Indonesia Challenge”, para pebulu tangkis Perancis sudah harus bertemu lawan-lawan berat di babak awal.  Pada nomor tunggal putra misalnya, Maxime Francois yang mendapat “bye” di babak pertama, sudah bertemu unggulan utama Andre Kurniawan pada babak kedua.  Sementara rekannya Michael Phomsoupha harus menghadapi pebulu tangkis Pelatnas Pratama Febriyan Irvannaldy.

Nasib sama juga dialami pebulu tangkis putri Prancis Shinta Saiche yang sudah bertemu juara bertahan sekaligus “seeded” pertama Fransiska Ratnasari.  “Mereka memang belum memiliki peringkat dunia, sehingga wajar kalau mendapatkan undian yang tidak menguntungkan. Ini bisa menjadi pengalaman berharga buat mereka,” ujar Arif Rasidi.

Ia menambahkan tujuan utama pebulu tangkis Perancis datang ke Surabaya adalah mengasah kemampuan dengan berlatih di klub Jaya Raya Suryanaga. Program mengisi liburan musim panas ini sudah dijalankan sejak 2004 lalu.  “Kebetulan di Surabaya ada kejuaraan, mereka sekalian kami daftarkan. Hitung-hitung cari pengalaman dan mengukur kemampuan bermain,” tutur Arif menambahkan.

Selain Perancis, turnamen Indonesia Challenge 2010 diikuti 17 negara asing lainnya dari Asia, Eropa dan Kanada dengan total pemain sebanyak 109 orang. Malaysia menjadi negara yang mengirimkan pemain terbanyak, yakni 36 orang, diikuti Singapura dengan 19 pemain dan Thailand menyertakan 14 pemain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: