Badminton Lovers

Badminton is My Life

Fransiska Ratnasari, Ramah dan Bersahaja

Posted by febrikusuma on June 5, 2010

Bulutangkis.com – ‘’Dik, gak pada ikut kejuaraan di Bandung?’’ tegur saya kepada sekolompok anak-anak remaja yang mengenakan kaos Djarum Trees for Life pada acara penanaman Pohon Trembesi oleh legendaris musik Indonesia Iwan Fals dan legedaris bulutangkis Indonesia Alan Budi Kusuma, Susy Susanti dan Hariyanto Arbi di Demak minggu lalu (Kamis, 27/05/10). Mereka sepertinya atlit-atlit Djarum Kudus yang ikut meramaikan acara sambil melihat Iwan Fals manggung.

‘’Gak pak,’’ jawab seorang gadis yang juga berpakaian kaos Djarum Trees for Life yang berdiri di sebelahnya. ‘’Kebetulan dia baru datang dari Kanada lagi berlatih di Djarum pak.’’ Ia melanjutkan penjelasan kepada saya mengenai remaja putri yang saya tegur semula. Wajah yang gak asing sepertinya, ‘’Kamu Nana ya? Fransiska kan?’’ saya meyakinkan diri agar tidak salah tegur.

‘’Benar pak,’’ jawabnya tersenyum ramah.

‘’Saya dari Bulutangkis.com,’’ saya memperkenalkan diri. “E, kemarin rame ya di forum, kamu ikut baca ya?’’ melanjutkan obrolan sambil melihat reaksinya. ‘’Iya ngikutin, seru juga.’’ ujarnya tanpa merasa kecil hati.

Postingan di forum diskusi Bulutangkis.com yang berjudul ‘‘Fransiska Ratnasari ‘Miss Persahabatan’ atlet bulutangkis’’ yang dicreate Omarossa sempat menimbulkan suasana panas. ‘’two thumb up buat nana, saya perhatikan dari fb nya nana itu atlet yg atitudenya baik, menyenangkan, pantang menyerah dan yg bikin saya kagum itu dia care bgt sama atlet lainnya. sampe ngucapin selamat ultah buat silvinna kurniawan. silvi ini kan atlet terlupakan. dekat sama yuniornya pula,’’ demikian penggalan postingan dari Omarossa.

Beberapa anggota forum berdiskusi dengan hati panas dan sempat menyinggung privasi Nana. Menimbulkan suasana pro dan kontra di forum diskusi.

‘’Nana jangan jadi jadi kecewa ya,’’ saya mengingatkan bahwa forum memang kadang diskusinya kelewat batas. Nana membalas tertawa sambil mengangguk. Beberapa anggota forum diskusi mencoba bersahabat dengan Nana lewat Facebook tetap dilayani Nana dengan senang hati dan bersahabat.

‘’Ok Nana, kita mau balik, ntr kita lanjut obrolan di FB. Ntar saya request ya di FB,’’ saya pamit seraya memberi kartu nama karena rombongan kita mau balik ke Jakarta. ‘’Iya pak,’’ balas Nana.

Setelah enam tahun berkiprah di pelatnas dari tahun 2003 hingga tahun 2009, kini Nana meneruskan karir bulutangkisnya di PB. Djarum. Tiga kali memperkuat tim Uber Indonesia pada tahun 2004, 2006 dan 2008. Beberapa juara yang diraihnya selama tahun 2009 adalah Juara I Vietnam Open Grand Prix 2009, Juara I Indonesia International Challenge 2009, Juara III Sirnas DKI Jakarta 2009.

Untuk prestasinya di tahun 2009 tersebut Nana mendapatkan apresiasi dari PB Djarum berupa uang sebesar Rp. 30 juta karena mencapai Ranking ke-36 BWF Tunggal Putri per 31 Des 2009. Saat ini Nana berada di peringkat 29 dunia menurut rilis yang dikeluarkan BWF per 27 Mei 2010 . Nana kini merupakan tunggal terbaik ketiga Indonesia setelah Maria Febe Kusumastuti di peringkat 19 dan Adriyanti Firdasari di peringkat 23 dunia.

Dalam waktu dekat Nana akan berpartisipasi pada Kejuaraan Bulutangkis Singapura Terbuka Super Series yang berlangsung tanggal 15-20 Juni 2010. Dan akan dilanjutkan dengan Kejuaraan Bulutangkis Indonesia Terbuka Super Series yang berlangsung di Jakarta tanggal 22-27 Juni 2010. Pada kedua kejuaraan ini Nana akan bertanding atas biaya klubnya PB. Djarum bersama rekannya di tunggal putra Andre Kurniawan Tedjono.

Keramahan Nana dan senang bergaul memang terbukti. Saat saya tiba di Bogor malam hari, saya menyempatkan diri membuka FB. Terlihat ada satu request ternyata datang dari Nana. Lengkapnya dari seorang Fransiska Ratnasari Hari Saputra. Saya accept dan ucapkan terima kasih karena mau berteman. Sambil saya tanyakan juga, ‘’Suka buka Bulutangkis.com juga ya? Kira-kira apa penilaian Nana dengan forum diskusi di Bulutangkis.com? Apakah ada nilai positifnya?’’

Tak menunggu lama, Nana memberi balasan, ‘’Untuk forum diskusi, sebenarnya bagus buat masukan atlit n pengurus, tapi kadang bahasa yg dipake terlalu kasar atau terlalu malah bikin down atlitnya.’’

Ternyata Fransiska ‘Nana’ Ratnasari ramah dan bersahaja. Nana bertekad bahwa tahun ini akan lebih berprestasi lagi. Ayo Nana! (fk)

Profil Diri :
Nama : Fransiska Ratnasari
Tanggal Lahir : 2 Oktober 1986
Alamat : Jl. P. Purbaya 06 Rt 03 Rw 09 Warak Sumber Adi Melati Sleman.
Nama orang tua : Petrus Haryanta dan Maria Magdalena Kasiyem
Tinggi Badan : 167 sentimeter
Berat Badan : 55 kilogram.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: