Badminton Lovers

Badminton is My Life

Juara Olimpiade Tampil di Sirnas Bandung

Posted by febrikusuma on May 24, 2010

BANDUNG, Kompas.com – Juara ganda putra Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido/Hendra Setiawan, akan unjuk kekuatan pada Djarum Sirkuit Nasional (Sirnas) Bulu Tangkis Regional II Bandung SGS Elektrik PLN 2010 yang digelar di Bandung, Jawa Barat, 25-29 Mei 2010.

Kejuaraan ini akan menggunakan tiga GOR, dengan GOR KONI di Jalan Jakarta sebagai lokasi utama. Dua GOR lainnya, adalah Lodaya (Jl Lodaya) dan Gunadarma (Jl Logam). Final hanya akan menggunakan satu tempat saja, yakni GOR KONI.

Kompetisi yang menyediakan hadiah Rp 190 juta ini memainkan tiga kelompok umur, yaitu remaja, taruna, dan dewasa. Masing-masing kelompok umur memainkan lima nomor, tunggal dan ganda putra-putri, serta ganda campuran. Sebanyak 1.086 pemain dari 105 klub akan ambil bagian.

Kompetisi ini mempertandingkan 1.286 partai. Dari 1086 pemain itu, beberapa pemain di antaranya pernah merasakan tampil di Olimpiade, Kejuaraan Dunia dan All England.

Yang istimewa dari kejuaraan ini, adalah tampilnya peraih medali emas ganda putra Olimpiade 2008 Markis/Hendra. Ganda nomor tiga dunia ini sekarang memang bebas memilih turnamen, karena tidak lagi terikat dengan pelatnas. Mereka menjadi pemain profesional.

Keikutsertaannya di Djarum Sirnas Bandung, selain karena ingin menunjukkan kehebatan mereka sebagai salah satu ganda terbaik di dunia, juga karena ingin memasyarakatkan sponsor baru mereka, Flypower. Duet ini memang dikontrak beberapa tahun oleh produsen alat-alat olahraga ini.

Selain Markis/Hendra, akan tampil pula pemain yang merebut medali perunggu Olimpiade 2004 ganda putra Flandy Limpele. Mantan pemain pelatnas ini akan tampil di dua nomor juga, ganda putra dan ganda campuran.

Di ganda putra, dia akan bahu-membahu dengan Hendra Aprida Gunawan, sedangkan di ganda campuran, dia duet dengan Laila Rahmawati. Hendra AG juga tidak asing lagi, karena saat ini menduduki peringkat tujuh dunia bersama Alvent Yulianto Chandra.

Dilihat dari segi kualitas dan peringkat, Markis/Hendra akan merebut gelar juara, seperti di Djarum Sirnas Pekanbaru, bulan lalu. Namun, untuk menjuarainya lagi, hal itu tentu tidak akan mudah karena semua pemain pasti ingin mengalahkan mantan juara dunia itu.

“Kami tentu gembira karena Djarum Sirnas Bandung ini diikuti pemain-pemain top dunia. Ini menambah mutu kompetisi. Mereka akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton. Persaingan kami kira akan sangat ketat,” kata Sekretaris Panitia Pelaksana, Herman Subarjah.

Perwakilan sponsor utama Djarum, Roland Halim mengatakan, turnamen ini tidak saja mencari juara, tetapi juga mencari bibit-bibit baru pemain bulu tangkis masa mendatang. Dia berharap, dari turnamen ini akan lahir pemain masa depan.

Kompetisi yang menyediakan total hadiah lebih dari Rp 1,4 miliar tersebut menerapkan sistem skor yang bisa diakses secara real time, yang diberi nama Djarum Online ScoreTM (DOS). Turnamen Super Series dan Kejuaraan Dunia sudah menerapkan hal ini.

DOS menampilkan poin-poin pertandingan secara real time. Pengakses situs dapat memilih laga yang diinginkan dari beberapa lapangan yang sedang bertanding, mereka pun dapat melihat posisi pemain yang sedang bertanding. Melalui website http://www.djarumsuper.com, pencinta bulu tangkis yang tidak menyaksikan langsung tetap dapat merasakan ketatnya atmosfer persaingan di lapangan.

Ketua Bidang Turnamen dan Perwasitan Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) Mimi Irawan mengatakan, sistem baru tersebut sangat membantu jalannya pertandingan karena lebih efektif dan efisien. Sistem itu telah diujicobakan di empat Djarum Sirnas sebelumnya, yaitu di Balikpapan, Manado, Pekanbaru dan Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: