Badminton Lovers

Badminton is My Life

Kalah, Junior Indonesia Peringkat Empat

Posted by febrikusuma on April 20, 2010

JAKARTA, Kompas.com – Tim junior Indonesia tidak mampu mengalahkan Malaysia dalam pertandingan play-off perebutan tempat ketiga Kejuaraan Dunia Junior Piala Suhandinata yang berlangsung di Guadalajara, Meksiko. Dalam partai yang berlangsung ketat dan seru itu, Senin (19/4/10), “pasukan Garuda” menyerah 2-3.

Hasil ini menjadi lanjutan kegagalan tim Merah Putih di babak empat besar karena sebelumnya gagal melewati adangan China. Meskipun sudah berjuang keras, tetapi pasukan junior yang tidak diperkuat para pemain Pelatnas Pratama tersebut tak mampu meruntuhkan tembok kokoh China, yang akhirnya menang 3-0 dan berhak maju ke final untuk menghadapi Korea Selatan.

Indonesia, yang diperkuat para pemain PB Djarum Kudus dan Tangkas Alfamart Jakarta, mengawali perjuangannya dengan bagus ketika ganda campuran Jones Ralfy Jansen/Nurbeta Kwanrico meraih poin pertama. Meskipun sempat kalah 14-21 di set pertama dari Shevon Jamie Lai/Nelson Wei Keat Heg, tetapi Jones/Nurbeta bisa bangkit dan melalui pertarungan ketat meraih kemenangan 21-17, 22-20 di dua set terakhir.

Namun di partai kedua yang memainkan nomor tunggal putri, wakil Indonesia Novalia Agustianti gagal menambah angka ketika melawan Li Lian Yang, dalam pertarungan rubber set selama 43 menit. Di set pertama, Novalia menyerah 16-21 sebelum menyamakan kedudukan berkat kemenangan 22-20 di set kedua. Sayang, pada game penentuan Novalia menyerah dengan mudah 9-21.

Di partai ketiga yang memainkan nomor tunggal putra, Indonesia kembali mendapat poin untuk memimpin 2-1. Sempat kalah 23-25 di set pembuka, Riyanto Subagja mampu bangkit untuk meraih kemenangan di dua set selanjutnya dengan 21-15, 21-18 atas Nur Mohd Azriyn Ayub.

Malaysia yang menjadi juara Asia, tak ingin dipecundangi. Mereka berhasil meraih dua poin terakhir lewat nomor ganda putra, ketika Nelson Wei Keat Heg/Ee Yi Teo menang straight set 21-17, 22-20 atas Jones Ralfy Jansen/Dandi Prabudita, dilanjutkan dengan sumbangan terakhir dari sektor ganda putri melalui Shevon Jemie Lai/Li Lian Yang, yang menang 23-21, 18-21, 21-16 atas Nurbeta Kwanrico/Aulia Putri Darajat.

Dengan demikian, Indonesia harus puas menjadi peringkat empat kejuaraan ini. Dan, hasil tersebut merupakan sebuah langkah maju mengingat tahun lalu, para pemain junior Indonesia hanya mampu berada di peringkat lima.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: