Badminton Lovers

Badminton is My Life

Devin/Liliyana Ikut Jejak Tontowi/Greysia

Posted by febrikusuma on April 20, 2010

JAKARTA, Kompas.com – Ganda campuran Indonesia Devin Lahardi Fitriawan/Liliyana Natsir terus memelihara asa untuk meraih prestasi terbaik di turnamen bulu tangkis Kejuaraan Asia. Pasangan Pelatnas Cipayung tersebut melangkah ke perempat final usai menang straight set 21-10, 21-19 atas pemain Korea Selatan Han Sang Hoon/Jang Ye Na, Kamis (15/4/10).

Dengan demikian, Indonesia belum kehilangan wakil di sektor ganda campuran. Pasalnya, sebelum Devin/Liliyana mendapatkan tiket babak delapan besar ini, pasangan pelatnas lainnya, Tontowi Ahmad/Greysia Polii, sudah lebih dulu menyegel tempat di perempat final usai menang 21-16, 21-16 atas pemain Vietnam Bao Duc Duong/Thi Hong Gam Thai.

Di perempat final, Jumat (16/4), Devin/Liliyana akan menghadapi pasangan Hongkong Yohan Hadikusumo Wiratama/Tse Ying Suet, yang menang rubber set 21-17, 6-21, 21-17 atas pemain Thailand Patipat Chalardchaleam/Savitree Amitapai. Sedangkan Tontowi/Greysia akan menghadapi unggulan keenam dari Korea Selatan Yoo Yeon Seong/Kim Min Jung, yang juga menang dua set langsung 21-12, 21-16 atas pasangan Taiwan Wu Chun Wei/Cheng Wen Hsing.

Dalam pertarungan berdurasi 29 menit ini, Devin/Liliyana mengawalinya dengan sangat meyakinkan. Pada set pertama, mereka sangat mendominasi pertarungan karena tidak pernah tersentuh oleh lawannya tersebut. Sejak unggul 2-0, Devin/Liliyana terus melejit, termasuk meraih sembilan poin secara beruntun untuk memimpin 15-3, sampai menang 21-10.

Pada set kedua, pertarungan berlangsung ketat karena terjadi kejar-mengejar poin. Bahkan, Devin/Liliyana sempat tertinggal empat poin dalam kedudukan 10-14. Tetapi, ketenangan dan mental yang kuat membuat Devin/Liliyana bisa menyusul dan mulai mengendalikan permainan untuk unggul 19-17. Sempat tersusul sehingga skor menjadi 19-19, Devin/Liliyana bisa keluar dari tekanan berkat dua poin beruntun untuk menang 21-19.

Hasil di sektor ganda campuran ini berbanding terbalik dengan apa yang terjadi pada sektor ganda putra, tunggal putra dan tunggal putri. Pasalnya, di tiga sektor itu (ganda putra, tunggal putra dan putri) Indonesia tidak punya wakil lagi untuk bermain di perempat final, karena semuanya sudah tersingkir.

Untuk nomor ganda campuran ini, ada tiga pasangan Pelatnas Cipayung yang ambil bagian. Selain Devin/Liliyana dan Tontowi/Greysia, tampil juga Muhammad Rijal/Debby Susanto. Sayang, langkah Rijal/Debby langsung terhenti di babak pertama karena kalah 18-21, 21-13, 11-21 dari pasangan Taiwan Lee Sheng Mu/Chien Yu Chin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: