Badminton Lovers

Badminton is My Life

Indonesia Tidak Punya Wakil di Sektor Ganda Putra

Posted by febrikusuma on April 15, 2010

New Delhi – Nasib buruk dialami seluruh ganda putra Indonesia yang tampil di Yonex-Sunrise Badminton Asia Championships 2010. Tiga pasangan yang dikirimkan langsung kandas di babak pertama.

Berlaga di Siri Fort Indoor Stadium, Kamis (15/4/2010) siang WIB, Luluk Hadiyanto/Joko Riyadi menjadi pasangan putra pertama yang gagal. Mereka dikalahkan unggulan delapan, Kenichi Hayakawa/Kenta Kazun, usai menjalani laga tiga set, 21-18, 16-21 dan 21-18.

Bona Septano/Rian Sukmawan tampil lebih buruk. Melawan pasangan Malaysia, Hee Chun Mak/Wee Kiong Tan, keduanya takluk straight set di angka 21-14, 21-18 dalam waktu 30 menit saja.

Harapan terakhir pasukan Merah Putih melalui Mohammad Ahsan/Yonatan Suryatama juga gagal memenuhi ekspektasi dan harus angkat koper lebih awal usai ditekuk Songphon Anugritayawan/Sudket Prapakamol. Meski demikian, pasangan Indonesia sudah memberikan perlawanan yang sengit.

Ganda Thailand berhasil menyabet set pertama dengan kedudukan 17-21. Namun, Ahsan/Yonatan sukses menyamakan kedudukan setelah menang 23-21, sebelum akhirnya dipaksa mengakui keunggulan tim lawan usai menyerah 20-22 di set ketiga.

Dengan hasil mengecewakan ini, Indonesia tidak lagi memiliki wakil dari sektor ganda putra dalam turnamen yang digelar di New Delhi India tersebut.

Cedera Lutut Kembali Hantui Maria Kristin

JAKARTA – Maria Kristin tak bisa berbuat banyak pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2010. Pada hari pertama even yang dihelat di Siri Fort Indoor Stadium, New Delhi, kemarin (14/4) dia langsung tumbang di babak awal. Pebulu tangkis asal Tuban itu menyerah 21-15, 18-21, 16-21, di tangan Zhou Mi, unggulan kedua asal Hongkong. Sabaryudo Susilo, manajer tim Indonesia pada turnamen tersebut mengatakan, Maria seharusnya bisa memenangkan pertandingan tersebut. “Dia sudah unggul di game pertama. Lalu, di game kedua dia sempat unggul 17-14, sebelum akhirnya dilewati oleh Zhou Mi,” terang Ketua I PB PBSI tersebut ketika dihubungi via sambungan internasional tadi malam.

Menurut Sabaryudo, cedera lutut pebulu tangkis peringkat ke-56 dunia itulah yang membuatnya tak mampu mengatasi lawannya yang berada di urutan kedelapan dunia. Berdasarkan pengamatannya, Maria tidak bisa bergerak dengan leluasa karena cedera kambuhannya tersebut. Kegagalan tersebut semakin menegaskan bahwa pebulu tangkis 24 tahun tersebut kian menurun usai sukses menuai perunggu pada Olimpiade Beijing 2008 lalu. Padahal, sebelumnya Maria sempat memberikan sinyal bagus. Keberhasilan mengantarkan Indonesia lolos ke Piala Uber 2010, tak lepas dari jasanya.Hasil sebaliknya diraih Taufik Hidayat. Pebulu tangkis pria tebaik di Indonesia itu tanpa kesulitan lolos ke babak ketiga, usai mengemapaskan dua lawannya di babak pertama dan kedua.
Di babak pertama, pebulu tangkis urutan kelima BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia) itu menumpas pemain kualifikasi Indra Maheta (Nepal), 21-6, 21-9. Selanjutnya, dia menundukkan Ha Anh Le (Vietnam), 21-10, 21-16.Eks pemain pelatnas itu baru akan bersua lawan berkualitas di perempat final.

Itu terjadi jika Kenichi Tago, unggulan keenam asal Jepang juga lolos. Harapan publik bulu tangkis dunia, adalah menyaksikan final ideal antara Taufik kontra Lin Dan.Sedangkan di ganda campuran, eksperimen menggandengkan Devin Lahardi dengan Liliyana Natsir sejauh ini masih menuai hasil mulus. Mereka melangkah tanpa kesulitan ke babak kedua usai menundukkan duet tuan rumah Tarun Kona/Shruti Kurian, 21-9, 21-9.”Harapan besar kami untuk mendapatkan gelar ada di pundan Liliyana dan Devin. Melihat lawan-lawannya, mereka punya peluang juara,” ucap Sabaryudo. Lengkah mereka diikuti Tontowi Ahmad/Greysia Polii yang menang 21-19, 21-14 atas unggulan keempat Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam (Thailand).Tapi, duet Indonesia lainnya, M. Rijal/Debby Susanto kalah dari Lee Sheng Mu/Chien Yu Chin (Taiwan), 18-21, 21-13, 11-21.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: