Badminton Lovers

Badminton is My Life

Hayom Berpeluang Bertemu Lin Dan

Posted by febrikusuma on April 15, 2010

JAKARTA, Kompas.com – Dionysius Hayom Rumbaka berpeluang jumpa unggulan kedua asal China Lin Dan di babak 16 besar Kejuaraan Asia. Ini terjadi jika pemain yang baru masuk Pelatnas Cipayung ini melewati adangan di babak pertama.

Pemain binaan PB Djarum Kudus ini, yang menjadi unggulan 12, akan mengawali turnamen yang digelar di New Delhi, India,  dengan melawan pemain Vietnam Nguyen Hoang Hai. Babak utama turnamen berhadiah 150.000 dollar AS ini mulai berlangsung Rabu (14/4/10).

Sedangkan Lin Dan diperkirakan akan mengawali langkahnya dengan cukup mudah. Peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 ini bertemu pemain Thailand Suppanyu Avihingsanon.

Jika berhasil mengatasi lawan-lawan mereka pada putaran pertama dan kedua yang bukan merupakan pemain unggulan, keduanya berpeluang bertemu pada putaran ketiga. Dan, ini akan jadi partai balas dendam bagi Hayom terhadap pemain China.

Pasalnya, Hayom sudah beberapa kali bertemu pemain China dan selalu kalah. Dalam tiga turnamen Super Series terakhir yang diikuti, Hayom yang menempati peringkat 24 dunia, selalu gagal.

Pada Hongkong Super Series tahun lalu ia tumbang di tangan Bao Chunlai pada perempat final, kemudian hampir menang dari Chen Jin meskipun akhirnya menyerah pada putaran pertama All England bulan lalu. Sepekan kemudian, Hayom kalah lagi dari Chen Long di Swiss.

Sementara itu unggulan pertama Taufik Hidayat akan melawan pemain Nepal yang lolos kualifikasi Indra Mehata pada putaran pertama. Adapun Nugroho Andi Saputro yang memulai langkahnya dengan melawan Nandagopal K dari India kemungkinan bertemu unggulan 15 Andre Kurniawan pada putaran kedua, jika berhasil mengatasi lawan pertama mereka.

Pada Kejuaraan Asia–turnamen besar terakhir yang digelar di Asia menjelang putaran final Piala Thomas dan Uber–Indonesia mengirim lima tunggal putra, yakni Hayom, Nugroho, Taufik, dan Andre serta Tommy Sugiarto. Sony Dwi Kuncoro dan Simon Santoso tidak ambil bagian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: