Badminton Lovers

Badminton is My Life

Kejuaraan Asia Bakal Jadi Uji Coba Para Pasangan Baru

Posted by febrikusuma on April 9, 2010

JAKARTA, KOMPAS.com — Kejuaraan Asia yang berlangsung di New Delhi, India, 12-18 April nanti, akan menjadi ajang untuk menguji pasangan-pasangan baru setelah Pelatnas Cipayung melakukan bongkar pasang pada sektor ganda.

“Ganda putra dan putri yang dikirim mengikuti turnamen tersebut adalah pasangan-pasangan terbaik, sekaligus dilihat untuk persiapan Piala Thomas dan Uber,” ujar Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI Lius Pongoh.

Dengan demikian, katanya, peluang terbesar untuk meraih gelar juga ada pada sektor ganda.

Pada ganda putra, Mohammad Ahsan yang biasanya berpasangan dengan Bona Septano akan berduet dengan Yonatan Suryatama. Adapun Bona berpasangan dengan Rian Sukmawan yang biasanya menjadi gandengan Yonatan.

“Untuk penyegaran saja karena selama ini terjadi kejenuhan sehingga tidak ada peningkatan,” ujar Rian mengomentari perombakan pasangan di ganda putra.

Rian yang bersama Yonatan mencapai final di Jepang Super Series tahun lalu mengaku tidak ada masalah jika ia dipasangkan dengan Bona. “Hanya masalah komunikasi saja yang masih kurang,” katanya.

Sementara itu, dua ganda putri yang juga mengalami perombakan adalah Greysia Polii dipasangkan dengan Meiliana Jauhari dan Shendy Puspa Irawati dengan Nitya Krishinda. Mereka diharapkan dapat mencetak prestasi di India.

“Saya berharap, dua ganda itu minimal bisa mencapai semifinal. Tetapi saya lebih menekankan pada proses daripada hasil,” ujar Asisten Pelatih Ganda Putri, Paulus Firman.

Pasangan Greysia/Meiliana yang sudah dicoba di All England bulan lalu berhasil mencapai babak perempat final. Pasangan ini antara lain berhasil mengalahkan pasangan nomor satu Malaysia, Wong Pei Tty/Chin Eei Hui.

Adapun ganda putri pelapis, Anneke Feinya Agustin/Annisa Wahyuni, yang tahun lalu berhasil mengumpulkan dua gelar dengan menjuarai Vietnam Terbuka dan Selandia Baru Grand Prix diharapkan dapat meningkatkan prestasi mereka.

Fran/Pia batal

Pada ganda campuran, pasangan Fran Kurniawan/Pia Zebadiah batal diberangkatkan ke India karena Pelatih Richard Mainaky memilih untuk mengirimkan pasangan-pasangan di bawah mereka.

“Fran/Pia tidak diberangkatkan karena keterbatasan jatah ganda campuran karena mereka lebih dipusatkan untuk mendampingi Nova Widianto/Liliyana Natsir di turnamen Super Series sehingga peluangnya lebih diberikan kepada pemain-pemain di bawah mereka,” ujar Richard.

Pada turnamen berhadiah total 150.000 dollar AS itu, ganda campuran akan diwakili oleh Liliyana Natsir yang kali ini berduet dengan Devin Lahardi. Ada pula pasangan Greysia Polii/Tantowi Ahmad dan Muhammad Rijal/Debby Susanto.

“Devin adalah pemain yang kemampuannya komplet. Jika ia bisa mengimbangi permainan Liliyana, maka saya kira mereka bisa menjadi juara,” kata Richard.

Pasangan yang menjadi unggulan kelima itu akan mengawali turnamen tersebut melawan pasangan tuan rumah Tarun Kona/Shruti Kurian. Jika menembus perempat final, maka mereka berpeluang bertemu unggulan kedua asal China, Tao Jiaming/Zhang Yawen, yang menjadi juara di Malaysia Super Series dan runner-up Korea Super Series.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: