Badminton Lovers

Badminton is My Life

Christian Hadinata Dikeroyok Tiga Pemain

Posted by febrikusuma on April 9, 2010

JAKARTA, KOMPAS.com — Turnamen bulu tangkis Candra Wijaya Men’s Double Badminton Championships II/2010 (CWMDBC) akan menampilkan partai ekshibisi antara legenda Christian Hadinata menghadapi tiga pemain sekaligus.

Christian (60), yang sekarang merupakan salah satu ketua Pelatnas Cipayung, pada masa jayanya pada 1970-1980-an merupakan pemain ganda terbaik di dunia. Bersama Ade Chandra, ia menjuarai All England 1972-1973 dan menjadi juara All England 1979 di nomor ganda campuran bersama Imelda Wiguna.

Dalam acara ekshibisi CWMDBC yang berlangsung 21-24 April 2010, Christian akan menghadapi tiga pemain sekaligus, yaitu candra Wijaya, Tony Gunawan, dan Sigit Budiarto. Pasangan Candra/Tony merupakan peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000. Sementara berpasangan dengan Sigit Budiarto, Candra meraih gelar juara dunia 1997.

“Selain Koh Chris melawan kami bertiga, acara ekshibisi juga akan berlangsung antara Candra/Sigit menghadapi Tony Gunawan/Howard Bach. Ini merupakan ulangan kejuaraan dunia 2005,” kata Candra, yang merupakan penggagas turnamen.

Kejuaraan yang seharusnya berlangsung dari tanggal 22-25 April dimajukan menjadi tanggal 21-24 April 2010 di Gedung Bulutangkis Asia Afrika, Senayan, Jakarta. “Kami menyesuaikan diri dengan pelaksanaan simulasi Piala Thomas Uber yang diadakan di Solo tanggal 25 April 2010,” kata Candra.

Kejuaraan khusus ganda putra ini tidak hanya diikuti pebulu tangkis utama ganda putra Indonesia saja, tetapi juga akan diikuti dari luar negeri, di antaranya Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Jepang. Beberapa pemain asing yang telah memastikan ikut serta adalah dari Jepang, yaitu pasangan Noriyasu Hirata/ Hirokatshu Hashimoto, yang saat ini berada di peringkat 13 dunia.

“Tahun ini kami memasukkan nomor veteran, yaitu para pemain yang pernah memberi jasa kepada bulu tangkis Indonesia,” kata Candra. Menurut Candra, para pemain veteran yang sudah memastikan ikut adalah Eddy Hartono, Bambang Supriyanto, dan Bobby Ertanto. “Jadi saat ini kesempatan melihat teknik dan pukulan para pemain masa lalu yang komplet,” kata Candra lagi.

Tahun ini kejuaraan yang bernama resmi Candra Wijaya Yonex Sunrise Men’s Double Championship ini akan menyediakan hadiah total sebesar Rp 250 juta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: