Badminton Lovers

Badminton is My Life

Gebuk Korsel 3-0, Tim Junior Bertemu China pada Semifinal

Posted by febrikusuma on March 23, 2010

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim junior Indonesia berhasil mencapai target yang diberikan kepada mereka saat tampil pada Kejuaraan Remaja Asia U-19 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, 21-24 Maret. Para pemain muda Tanah Air itu berhasil menembus semifinal seusai menggebuk tim kuat Korea Selatan dengan skor telak 3-0, Senin (22/3/2010).

Dalam kejuaraan beregu campuran ini, Indonesia, yang tadi pagi mengalahkan Vietnam 5-0 untuk menjadi juara Grup E, meraih poin pertama lewat Suwardi Ricky Karanda/Haris Della Destiara. Ganda campuran ini menang 13-21, 21-18, 21-16 atas Kang Ji Wook/Choi Hye In.

Setelah itu, giliran tunggal putra Sukamta Evert yang membawa Indonesia unggul 2-0. Melalui pertarungan berdurasi 35 menit, Sukamta menang straight set 21-19, 21-14 atas Kim Min Ki. Ganda putra Jansen Jones Ralfi/Prabudita Dandi memastikan Indonesia meraih tiket semifinal setelah menang 21-18, 21-12 atas Kang Ji Wook/Choi Seung Il.

Namun, pada babak empat besar, Selasa (23/3/2010), pasukan “Garuda” akan menghadapi lawan yang sangat berat. Pasalnya, mereka akan bertemu dengan raksasa bulu tangkis dunia yang juga merupakan unggulan utama, China. Sementara itu, partai semifinal lainnya akan mempertemukan Thailand dengan unggulan kedua yang juga tuan rumah, Malaysia.

Keberhasilan maju ke babak empat besar ini menjadi sebuah langkah maju dibandingkan tahun lalu. Pada 2009, tim junior Indonesia gagal ke semifinal dan harus puas menempati peringkat kelima.

Kejuaraan dengan format beregu campuran yang diikuti 18 tim itu dibagi ke dalam enam grup. Indonesia berada dalam Grup E bersama Vietnam dan Mongolia.

Setiap juara grup lolos ke babak berikutnya dengan juara Grup A dan Grup B langsung mendapat tempat di semifinal. Adapun empat tim lainnya saling bertemu untuk memperebutkan dua tempat yang tersisa di semifinal. Juara Grup E bertemu juara Grup D, begitu pula juara Grup C dan F.

Unggulan pertama China menempati Grup A bersama Singapura dan Kazakhstan, sedangkan Grup B dihuni unggulan kedua sekaligus tuan rumah Malaysia dengan Hongkong dan Uzbekistan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: