Badminton Lovers

Badminton is My Life

Menyedihkan! Kido/Hendra Langsung Terkubur

Posted by febrikusuma on March 18, 2010

JAKARTA, Kompas.com – Turnamen bulu tangkis Swiss Terbuka Super Series menjadi neraka sekaligus kuburan bagi dua pasang ganda putra Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan dan Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan. Bagaimana tidak, pasangan non-Pelatnas tersebut yang merupakan unggulan, langsung tersingkir di babak pertama, karena kalah dari para pemain yang tidak diunggulkan.

Pada pertandingan di St Jakobshalle, Basel, Rabu (17/3/10) atau Kamis (18/3) dinihari WIB, Alvent/Hendra AG yang merupakan unggulan kelima menyerah dua set langsung 19-21, 17-21 dari pasangan Polandia Adam Cwalina/Michal Logosz. Sementara itu, Kido/Hendra yang menempati unggulan ketiga, juga kalah straight set 19-21, 18-21 dari pasangan Taiwan Chen Hung Ling/Lin Yu Lang.

Hasil menyedihkan ini merupakan lanjutan prestasi buruk dua mantan pasangan Pelatnas Cipayung tersebut. Pekan lalu, mereka juga gagal meraih prestasi di turnamen klasik All England Super Series, di mana Alvent/Hendra AG langsung tersingkir di babak pertama, sedangkan Kido/Hendra kalah di semifinal.

Dengan demikian, Indonesia tak punya wakil lagi di sektor ganda putra, karena hanya dua pasangan tersebut yang tampil di turnamen ini. Artinya, dari lima wakil yang bermain di kejuaraan berhadiah 200.000 ini, hanya tinggal tunggal putra Dioynisius Hayom Rumbaka dan Taufik Hidayat yang bertahan. Maria Febe Kusumastuti yang merupakan satu-satunya pemain di sektor tunggal putri, juga sudah lebih dulu tersingkir karena dikalahkan pemain Rusia Ella Diehl.

Performa Kido/Hendra yang sejak berakhirnya SEA Games Laos 2009 lalu keluar dari Pelatnas, memang sangat buruk. Di set pertama, mereka hanya sempat satu kali memimpin atas lawannya dari Taiwan itu ketika unggul 4-2. Tetapi setelah itu, peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 tersebut selalu tertinggalk karena selepas skor imbang 4-4, Chen/Lin selalu berada di depan dalam pengumpulan poin.

Hendra/Kido sempat menyamakan skor menjadi 17-17 dan 18-18 untuk menguak harapan meraih kemenangan di set pembuka. Tetapi, tiga angka terakhir berhasil diraih Chen/Lin yang mengakhiri set pertama dengan kemenangan 21-19.

Di set kedua, penampilan Kido/Hendra semakin buruk. Mereka langsung tertinggal 1-5, dan semenjak itu tidak pernah mampu mendekati Chen/Lin, yang terus melejit untuk memimpin dengan skor mencolok 19-11, sebelum memastikan diri menang 21-18.

Pada babak kedua, Kamis (18/3), Chen/Lin akan menghadapi pemenang antara pasangan Korea Selatan Cho Gun Woo/Kwon Yi Goo dengan pasangan China Chai Biao/Zhang Nan. Sementara itu, Cwalina/Logosz yang menyingkirkan Alvent/Hendra AG akan bertemu dengan pemenang antara pasangan Jepang Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata dengan pasangan Jerman Kristof Hopp/Johannes Schoettler.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: