Badminton Lovers

Badminton is My Life

Ayo Balas di Swiss!

Posted by febrikusuma on March 16, 2010

JAKARTA, Kompas.com – Markis Kido/Hendra Setiawan baru saja gagal mewujudkan impiannya menjadi juara di turnamen klasik All England Super Series. Perjalanan mereka terhenti di semifinal akhir pekan lalu, karena menyerah dari pasangan Denmark Lars Paaske/Jonas Rasmussen, yang akhirnya menjadi juara.

Namun perjuangan tak berakhir di sini. Kido/Hendra punya kesempatan membalas sekaligus menghapus kekecewaannya saat tampil di turnamen Swiss Terbuka Super Series pekan ini.

Ya, dari London, pasangan terbaik Indonesia tersebut melanjutkan perjalanannya ke Swiss. Kali ini, mereka akan terjun ke turnamen Swiss Terbuka Super Series yang mulai bergulir 16-21 Maret di St Jakobshalle, Basel, bersama dengan pasangan non Pelatnas Cipayung lainnya, Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan.

Di kejuaraan berhadiah 200.000 dollar AS ini, Kido/Hendra menjadi unggulan ketiga. Pada babak pertama, pasangan peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 tersebut bertemu dengan pasangan Taiwan Chen Hung Ling/Lin Yu Lang. Jika lolos, mantan pemain Pelatnas ini bakal menemui hambatan yang cukup besar, karena akan bertemu pemenang antara Cho Gun Woo/Kwon Yi Goo (Korsel) atau Chai Biao/Zhang Nan (China).

Sementara itu, Alvent/Hendra AG yang merupakan unggulan kelima akan mengawali perjuangannya melawan pasangan Polandia Adam Cwalina/Michal Logosz. Apabila pasangan Indonesia yang pekan lalu langsung tersingkir di babak pertama All England (kalah dari Chai Biao/Zhang Nan) tersebut maju, maka mereka bertemu dengan pemenang duel Kristof Hopp/Johannes Schoettler (Jerman) vs Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata (Jepang).

Sayang, hanya satu dari dua pasangan Indonesia tersebut yang bisa lolos ke semifinal. Pasalnya, berdasarkan hasil undian, mereka sudah harus saling “membunuh” di perempat final–dengan asumsi bisa mengalahkan lawan-lawannya di dua babak pertama.

Taufik tetap jadi andalan

Dalam turnamen ini, Indonesia tidak banyak mengirimkan wakilnya. Selain dua pasangan di sektor ganda putra tersebut, masih ada tiga pemain lagi dari Tanah Air yang ambil bagian, yaitu Taufik Hidayat dan Dionysius Hayom Rumbaka di sektor tunggal putra, serta Maria Febe Kusumastuti di nomor tunggal putri.

Melihat peta kekuatan yang ada, Taufik yang juga gagal mewujudkan keinginan terbesarnya untuk meraih gelar di All England setelah disingkirkan Peter Gade di perempat final, tetap menjadi andalan.

Peluang unggulan keempat tersebut untuk maju ke perempat final sangat besar, karena di babak pertama dia hanya melawan pemain kualifikasi, dan selanjutnya menghadapi pemenang antara Andrew Smith (Inggris) vs Hsieh Yu Hsing (Taiwan).

Perjalanan sulit bakal dilewati Hayom. Satu-satunya tunggal putra dari Pelatnas yang ambil bagian tersebut, mengawali perjuangannya melawan peman Belanda Eric Pang, sebelum bertemu pemenang antara unggulan delapan dari China Chen Long vs pemain tuan rumah Christian Boesiger.

Seperti halnya di sektor ganda putra, di nomor tunggal putra ini pun akan terjadi “perang saudara” lebih awal. Jika Taufik dan Hayom sama-sama lolos, maka mereka akan bertemu di perempat final. Dengan demikian, bisa dipastikan hanya satu wakil Indonesia yang lolos ke semifinal jika tidak ada aral melintang.

Sedangkan untuk sektor tunggal putri, Maria Febe harus siap-siap bertarung all-out menghadapi juara All England, Tine Rasmussen. Jika berhasil melewati adangan pemain Rusia Ella Diehl di babak pertama, maka tunggal putri Pelatnas Cipayung tersebut berpeluang besar bertemu Rasmussen, karena pemain Denmark yang menjadi unggulan tujuh itu diprediksi takkan kesulitan mengalahkan pemain Swiss Jeannine Cicognini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: