Badminton Lovers

Badminton is My Life

Singkirkan Peter Gade, Chong Wei Menapaki Final

Posted by febrikusuma on March 14, 2010

BIRMINGHAM, KOMPAS.com — Lee Chong Wei menapaki final turnamen bulu tangkis All England Super Series. Pemain nomor satu dunia ini meraih tiket ke partai puncak tersebut setelah menang straight set 21-17, 21-14 atas pemain veteran Denmark, Peter Hoeg Gade, Sabtu (13/3/2010) di National Indoor Arena Birmingham, Inggris.

Dengan demikian, Chong Wei berhasil mengulangi prestasi tahun lalu karena menembus final All England sebelum kalah 19-21, 12-21 dari pemain China, Lin Dan. Kini, tinggal satu langkah lagi yang diperlukan oleh unggulan utama asal Malaysia tersebut untuk mengukir prestasi baru dalam kariernya meraih gelar di turnamen paling tua di dunia ini. Pada final, Minggu (14/3/2010), Chong Wei akan bertemu dengan pemenang antara pemain Jepang Kenichi Tago dan unggulan keenam dari China, Bao Chunlai.

Dalam duel berdurasi 47 menit tersebut, Chong Wei hanya mendapat perlawanan sengit pada set pertama. Peter Gade, yang berturut-turut mengalahkan dua pemain Indonesia, Simon Santoso dan Taufik Hidayat, sempat mendominasi pada awal set pertama untuk maju ke semifinal. Pemain berusia 33 tahun tersebut terus memimpin sampai 10-7.

Namun, Chong Wei yang kemarin dipaksa bermain tiga set saat melawan pemain kualifikasi Korea Selatan, Shon Wan Ho, berhasil menyusul setelah meraup empat poin untuk balik memimpin 11-10. Finalis Olimpiade Beijing 2008 ini pun tak terkejar lagi hingga akhirnya menang 21-17.

Pada set kedua, kendali permainan dipegang oleh Chong Wei dan tak tersentuh lagi oleh Peter Gade. Selepas skor 2-2, Chong Wei terus melejit sampai memenangkan set tersebut dengan 21-14 sekaligus memastikan diri maju ke partai puncak turnamen berhadiah 200.000 dollar AS ini.

Pada partai lain yang mempertemukan sesama pemain China, pasangan putri unggulan utama, Du Jing/Yu Yang, menang straight set 24-22, 21-10 atas Pan Pan/Tian Qing. Di final, Du Jing/Yu Yang akan bertemu dengan pemenang antara unggulan ketiga Cheng Shu/Zhao Yunlei versus unggulan dua Ma Jin/Wang Xiaoli. Di sektor ganda putri ini, China sudah memastikan diri meraih gelar karena terjadi all-Chinese final.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: