Badminton Lovers

Badminton is My Life

Kalah dalam “Perang Saudara”, Lin Dan Gagal Pertahankan Gelar

Posted by febrikusuma on March 13, 2010

JAKARTA, KOMPAS.com — Lin Dan gagal mempertahankan gelar All England. Pasalnya, langkah unggulan kedua asal China ini terhenti di perempat final setelah kalah 16-21, 21-18, 17-21 dalam “perang saudara” melawan kompatriotnya, Bao Chunlai, pada duel di National Indoor Arena Birmingham, Inggris, Jumat (12/3/2010) atau Sabtu (13/3/2010) dini hari WIB.

Dengan demikian, dua pemain utama China sudah tersingkir. Sebelumnya, Chen Jin yang merupakan unggulan ketiga, di luar dugaan menyerah 20-22, 21-19, 13-21 dari pemain non-unggulan asal Jepang, Kenichi Tago, yang akan menjadi lawan Bao Chunlai pada semifinal hari ini.

Dalam duel yang menghabiskan waktu 1 jam 2 menit ini, Bao Chunlai tampil sangat impresif sehingga Lin Dan kesulitan. Unggulan keenam tersebut mengawalinya dengan sangat baik di set pertama karena setelah terjadi pertarungan ketat hingga kedudukan 6-5 untuk keunggulannya, dia melejit dengan raihan enam poin secara beruntun untuk memimpin 12-5. Setelah itu, Bao Chunlai tak tersentuh lagi hingga menang 21-16.

Di set kedua, Lin Dan berusaha bangkit. Unggulan kedua tersebut memimpin sejak awal dan sempat memimpin jauh 14-8. Meskipun Bao Chunlai bisa memangkas selisih poin menjadi 12-14, Lin Dan kembali melaju untuk memenangkan set kedua dengan 21-18 dan memaksa rubber game.

Pada set penentuan, Lin Dan tampaknya akan memenangkannya. Bagaimana tidak, peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 tersebut sudah jauh memimpin dengan skor 10-4, dilanjutkan dengan 11-7. Namun, sampai skor tersebut dia tak mampu menambah poin lagi sehingga Bao Chunlai bisa mengejar dan balik memimpin 14-11 setelah menambah tujuh poin secara beruntun. Inilah titik balik set ketiga karena Bao Chunlai tak terkejar lagi sampai menang 21-17 dan melangkah ke semifinal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: