Badminton Lovers

Badminton is My Life

Greysia/Meiliana Kalah Tragis dalam Drama 1 Jam 34 Menit

Posted by febrikusuma on March 13, 2010

JAKARTA, Kompas.com – Greysia Polii/Meiliana Jauhari tersingkir secara tragis dalam drama berdurasi 1 jam 34 menit di perempat final turnamen bulu tangkis All England Super Series. Pada pertandingan di National Indoor Arena Birmingham, Inggris, Jumat (12/3/10) atau Sabtu (13/3/10) dini hari WIB, pasangan Pelatnas Cipayung itu menyerah 23-25, 21-17, 17-21 dari pemain China Pan Pan/Tian Qing.

Ini menjadi akhir dari kisah perjalanan para pemain ganda putri Indonesia pada turnamen tertua di dunia tersebut, setelah Shendy Puspa Irawati/Nitya Krishinda Maheswari tersingkir di babak kedua pada Kamis (11/3/10). Pasalnya, Greysia/Meiliana menjadi satu-satunya ganda putri Indonesia yang bertahan di perempat final.

Sedangkan bagi Pan/Tian, kemenangan ini membawa mereka ke semifinal untuk bertemu dengan kompatriotnya yang merupakan unggulan utama, Du Jing/Yu Yang. Dengan demikian, China kembali memastikan diri menuju final kejuaraan berhadiah 200.000 dollar AS ini, karena sebelumnya mereka juga sudah meloloskan satu wakil di nomor ganda campuran.

Duel Greysia/Meiliana vs Pan/Tian berlangsung sangat ketat dan alot karena hampir sepanjang pertandingan tiga set itu terjadi kejar-mengejar poin. Tak heran jika pertarungan tersebut memakan waktu lebih dari satu setengah jam.

Pada set pertama, kendali permainan berada di tangan Greysia/Meiliana. Sejak awal, pasangan Indonesia tersebut memimpin hingga kedudukan 8-4. Sayang, perolehan poin mereka mulai tersendat karena Pan/Tian mulai bangkit untuk mengejar sampai menyamakan skor menjadi 9-9. Selanjutnya, terjadi saling kejar poin, sebelum Greysia/Meiliana kembali memimpin dengan selisih tiga poin dalam kedudukan 18-15.

Tersisa tiga angka untuk memenangkan set pertama ini, Greysia/Meiliana justru tertekan sehingga lawan bisa menyusul untuk menyamakannnya menjadi 19-19. Meskipun demikian, Greysia/Meiliana berhasil meraih set point ketika skor 20-19. Tetapi, satu angka terakhir itu tak mampu diraih, sehingga Pan/Tian bisa memaksa deuce yang akhirnya dimenangkan dengan 25-23.

Di set kedua, Pan/Tian hampir selalu unggul dalam pengumpulan poin. Pasangan China tersebut sempat memimpin dengan selisih empat poin saat kedudukan 14-10. Tetapi Greysia/Meiliana bisa keluar dari tekanan untuk menyamakan skor menjadi 15-15, 16-16 dan 17-17. Setelah itu, Greysia/Meiliana bisa meraup empat poin untuk memenangkan set kedua dengan 21-17, sekaligus memaksa rubber game.

Pada set penentuan, duel berlangsung ketat sejak awal. Dua pasangan ini saling bergantian untuk memimpin dengan selisih terjauh adalah dua poin. Tetapi selepas kedudukan 13-13, Pan/Tian mulai melebarkan jarak dan tak mampu dikejar lagi oleh Greysia/Meiliana, yang akhirnya menyerah 17-21 dan gagal melangkah ke semifinal.

Kegagalan Greysia/Meiliana ini membuat Indonesia belum mampu meloloskan wakilnya ke semifinal. Sebelumnya, ganda campuran Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa yang merupakan unggulan delapan, juga tersingkir di babak ini setelah kalah dari pasangan China, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Chen Jin tersingkir

Duel ketat juga terjadi di sektor tunggal putra saat unggulan ketiga dari China, Chen Jin, bertemu dengan pemain non unggulan asal Jepang Kenichi Tago. Dalam pertarungan berdurasi 1 jam 18 menit tersebut, Kenichi membuat kejutan kerana berhasil menyingkirkan Chen Jin setelah menang 22-20, 19-21, 21-13.

Ini menjadi sebuah prestasi terbaik Kenichi, karena berhasil mengalahkan salah satu tunggal putra terbaik China. Perjuangan kerasnya membuahkan hasil yang sangat manis, karena dia berhasil menorehkan sejarah untuk pertama kalinya menembus semifinal All England.

Namun perjuangan berat kembali menanti Kenichi. Di semifinal, dia dipastikan kembali bertemu dengan pemain China, karena akan terjadi pertarungan sesama pemain dari “negeri Tirai Bambu” tersebut, yaitu unggulan keenam Bao Chunlai melawan unggulan kedua yang berstatus juara bertahan, Lin Dan, untuk memperebutkan tiket ke babak empat besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: