Badminton Lovers

Badminton is My Life

Tantangan Super Berat Menanti Sony dan Simon

Posted by febrikusuma on March 11, 2010

JAKARTA, Kompas.com – Dua tunggal putra terbaik di Pelatnas Cipayung, Simon Santoso dan Sony Dwi Kuncoro, berhasil melewati adangan di babak pertama turnamen bulu tangkis All England Super Series. Pada pertandingan di National Indoor Arena Birmingham, Inggris, Rabu (10/3/10), mereka mengalahkan lawan-lawannya.

Sony, tidak terlalu kesulitan untuk menundukkan pemain masa depan China, Du Pengyu, dengan straight set 21-19, 21-10. Sementara itu, Simon yang tahun lalu menjadi juara di Denmark Terbuka Super Series, harus bertarung tiga set sebelum menang 17-21, 21-16, 21-12 atas pemain Malaysia Wong Choong Hann.

Namun di babak kedua turnamen berhadiah 200.000 dollar AS ini nanti, Kamis (11/3/10), Sony dan Simon bakal menghadapi tantangan yang super berat. Bagaimana tidak, dua pemain Indonesia yang tidak menjadi unggulan tersebut bakal diadang dua pemain top dunia.

Ya, dalam partai perebutan tiket ke perempat final, Sony akan menghadapi unggulan utama dari Malaysia Lee Chong Wei, yang lolos setelah menyingkirkan pemain andalan India Chetan Anand, dengan dua set langsung 21-15, 21-16. Ini merupakan partai ulangan perempat final Kejuaraan Dunia 2009 di Hyderabad, India, di mana Sony yang memenangkan duel selama tiga set.

Sementara itu, Simon bertemu dengan pemain veteran Denmark Peter Hoeg Gade, yang lolos setelah menang straight set 21-17, 21-17 atas pemain Belanda Dicky Palyama. Memang, usai Peter Gade sudah tua dan stamina Simon pasti lebih bagus. Akan tetapi, Simon harus memiliki ketenangan dan mental yang kuat, untuk mengalahkan Peter Gade yang menjadi unggulan kelima.

Jika Sony dan Simon langsung menghadapi lawan berat, Taufik Hidayat sedikit lebih ringan karena bertemu pemain non-unggulan dari Inggris, Andrew Smith. Meskipun demikian, bukan jaminan Taufik akan dengan mudah lolos ke perempat final dan semakin dekat dengan impiannya meraih gelar pertama di All England. Pasalnya, Smith tetap punya potensi membuat kejutan, jika Taufik yang merupakan unggulan keempat, tampil tidak pada formnya.

Hasil undian All England ini kurang bersahabat dengan tiga pemain Indonesia tersebut. Sebab, mereka berada di jalur yang sama dalam perjalanan ke semifinal. Artinya, jika sama-sama tak terbendung, maka akan terjadi perang saudara di babak empat besar.

Bahkan, Simon dan Taufik punya peluang “bertempur” di babak perempat final. Dengan asumsi Taufik bisa mengalahkan Smith, serta Simon mampu menjegal Peter Gade, maka mereka akan bertarung di babak delapan besar untuk memperebutkan tiket ke semifinal, menghadapi Sony (jika lebih dulu menyingkirkan Chong Wei).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: