Badminton Lovers

Badminton is My Life

Wang Xin Tambah Koleksi Gelar China

Posted by febrikusuma on March 10, 2010

JAKARTA, Kompas.com – China menambah satu gelar lagi di turnamen bulu tangkis Jerman Terbuka Grand Prix, ketika Wang Xin menaklukkan Juliane Schenk. Pada pertandingan di di RWE-Sporthalle, Minggu (7/3/10), Wang Xin yang merupakan unggulan kedua menang straight set 21-17, 21-18 atas unggulan ketiga dari Jerman tersebut.

Dengan demikian, China sudah memastikan meraih tiga gelar pada turnamen berhadiah 80.000 dollar AS ini. Pasalnya, dua partai lainnya yaitu tunggal putra dan ganda putri sudah menjadi milik mereka, karena terjadi all-Chinese final.

Sebelumnya, Bao Chunlai yang merupakan unggulan pertama, lebih dulu menjadi juara di nomor tunggal putra. Pemain kidal ini menaklukkan kompatriotnya yang menjadi unggulan kedua, Chen Long, juga dengan dua set langsung 21-13, 21-10. Sedangkan di sektor ganda putri, akan mempertemukan unggulan pertama Ma Jin/Wang Xiaoli dengan unggulan kedua Cheng Shu/Zhao Yunlei.

Dalam duel selama 31 menit ini, Wang Xin tampil cukup dominan. Meskipun demikian, Schenk bisa memberikan perlawanan yang seru, dan sempat memberikan tekanan kepada Wang Xin ketika dia bisa menyamakan skor menjadi 17-17, setelah menambah tiga poin beruntun. Tetapi, ketenangan dan mental juara yang dimiliki membuat Wang Xin bisa mengatasi perlawanan Schenk untuk menang 21-17.

Di set kedua, pertarungan berlangsung lebih ketat karena terjadi kejar-mengejar poin. Akan tetapi, selepas skor 8-8, perolehan poin Wang Xin mulai menjauh sehingga dia bisa memimpin 19-12. Tetapi, kemenangan yang sudah di depan mata itu tak serta-merta menjadi milik Wang Xin, karena Schenk bisa bangkit setelah meraup lima poin beruntun untuk memangkas ketinggalannya menjadi 17-19.

Namun, Wang Xin yang sudah berada di atas angin tak mau memberikan kesempatan kepada Schenk untuk terus mengejarnya. Dia bisa menambah satu poin untuk mencapai matchpoint, sebelum mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 21-18.

Hasil ini juga menjadi partai balas dendam Wang Xin atas kegagalan kompatriotnya, Wang Lin, di semifinal. Pasalnya, pada babak empat besar kemarin, Wang Lin yang merupakan unggulan pertama, disingkirkan oleh Schenk dalam pertarungan tiga set dengan skor 17-21, 21-15, 21-16.

China masih berpeluang menambah gelarnya dari nomor ganda putra, yang akan menjadi partai terakhir di turnamen ini. Mereka juga menempatkan wakilnya, yaitu Chai Baio/Zhang Nan, yang merupakan unggulan kelima. Chai Baio/Zhang Nan akan menghadapi unggulan kedua dari Taiwan Chen Hung Lin/Lin Yu Lang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: