Badminton Lovers

Badminton is My Life

Sikat Kompatriotnya, Bao Chunlai yang Terbaik

Posted by febrikusuma on March 10, 2010

JAKARTA, Kompas.com – Pemain China Bao Chunlai menobatkan dirinya sebagai yang terbaik di turnamen bulu tangkis Jerman Terbuka Grand Prix. Pada final tunggal putra, Minggu (7/3/10) di RWE-Sporthalle, unggulan pertama tersebut menang straight set 21-13, 21-10 atas kompatriotnya yang merupakan unggulan kedua, Chen Long.

Chunlai, yang tahun lalu mengalahkan Taufik Hidayat di final Jepang Terbuka Super Series, tak menemui kesulitan yang besar untuk merengkuh gelar di turnamen berhadiah 80.000 dollar AS tersebut. Dia hanya mendapat perlawanan ketat di awal set pertama, ketika Chen Long nyaris selalu unggul sampai kedudukan 8-8. Tetapi setelah itu, Chunlai melejit dengan raihan sembilan poin secara beruntun, sebelum menang 21-13.

Di set kedua, Chunlai memegang kendali permainan. Dia langsung unggul 3-0, dan tidak tersentuh lagi oleh Chen Long, yang sempat memangkas defisit poin menjadi 9-13. Tetapi setelah itu, Chunlai meraup enam poin berturut-turut untuk unggul 19-9, sebelum akhirnya menang 21-10 dan memastikan diri menjadi jawara.

Sebelum partai tunggal putra, lebih dulu tersaji partai ganda campuran antara pasangan Hongkong Yohan Hadikusumo Wiratama/Tse Ying Suet melawan pasangan gado-gado Robert Blair (Inggris)/Imogen Bankier (Skotlandia). Sayang, duel ini hanya berlangsung tujuh menit, karena Blair/Bankier mundur di set pertama saat tertinggal 5-15. Dengan demikian, Yohan/Tse tak perlu memeras banyak keringat untuk menjadi juara.

Pada turnamen kelas dua ini–setelah super series–, China hanya gagal menempatkan wakilnya di sektor ganda campuran. Tetapi di sektor lain, “negeri Tirai Bambu” ini memiliki wakil sehingga berpeluang meraup empat gelar. Yang pasti, raksasa bulu tangkis dunia ini meraih dua gelar yaitu tunggal putra dan ganda putri, karena terjadi all-Chinese final.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: