Badminton Lovers

Badminton is My Life

Dominasi China akan Matikan Bulu Tangkis

Posted by febrikusuma on March 10, 2010

BIRMINGHAM, Kompas.com – Bintang veteran Denmark, Peter Gade  mengaku khawatir dengan perkembangan olah raga bulu tangkis yang didominasi satu belahan dunia.

Gede menjadi satu-satunya pemain Eropa yang menjadi unggulan di turnamen bulu tangkis Super Series All England, pekan ini. Ini merupakan turnamen All England yang ke 100.

“Penting sekali apabila  olah raga ini melibatkan para pemain dari banyak negara,” kata Gade.  “Olah raga ini membutuhkan banyak pemain muda dari negara-negara lainnya.”

Gade pernah menjadi juara di All England pada 1999. Tahun itu,  lima gelar juara di All England direbut oleh para pemain dari lima negara yang berbeda.

Sebagai perbandingan, tahun lalu lima gelar juara direbut pemain China. Ini merupakan kali pertama dominasi satu negara di ALL England dalam era terbuka yang telah berlangsung empat dekade.

Meski telah berusia 33, Gade berharap masih akan mampu meraih kembali gelar juara di Birmingham. “Selain Lin Dan, saya pernah mengalahkan para pemain China lainnya,” katanya. “Chong Wei juga pernah saya kalahkan.”

Gade diperkirakan akan menghadapi pemain Indonesia, Taufik Hidayat di babak perempatfinal. Pemenang pertandingan ini akan lolos ke semifinal untuk menghadapi Lee Chong Wei. Sementara di semifinal lainnya, dua pemain China, Lin Dan dan Chen Jin berpeluang untuk saling bentrok.

Berikut daftar unggulan All England:
1. Lee Chong Wei (MAS);
2. Lin Dan (CHN);
3. Chen Jin (CHN);
4. Taufik Hidayat (INA);
5. Peter Gade (DEN);
6. Bao Chunlai (CHN);
7. Tien Minh Nguyen (VIE);
8. Jan Jorgensen (DEN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: