Badminton Lovers

Badminton is My Life

China Borong Empat Gelar

Posted by febrikusuma on March 10, 2010

JAKARTA, Kompas.com – China masih menunjukkan kedigdayaannya di arena bulu tangkis. Meskipun tak sempurna, tetapi “Negeri Tirai Bambu” ini membawa pulang empat gelar dari Jerman Terbuka Grand Prix.

Ganda putra Chai Baio/Zhan Nan yang memastikan China mendominasi turnamen berhadiah 80.000 dollar AS tersebut. Pada partai final di RWE-Sporthalle, Minggu (7/3/10), unggulan kelima ini menaklukkan unggulan dua dari Taiwan Chen Hung Lin/Lin Yu Lang dengan 17-21, 21-13, 21-15 dalam duel selama 46 menit.

Dengan demikian, semua wakil China yang tampil di partai puncak berhasil membawa pulang trofi. Mereka hanya gagal di sektor ganda campuran, setelah Tao Jiamin/Zhang Yawen yang menjadi satu-satunya wakil di nomor ini tersingkir di semifinal.

Gelar pertama diperoleh dari tunggal putra, ketika Bao Chunlai yang menjadi unggulan pertama menang 21-13, 21-10 atas kompatriotnya yang merupakan unggulan dua, Chen Long. Setelah itu, giliran Wang Xin (unggulan 2) yang mengalahkan unggulan ketiga dari Jerman Juliane Schenk dengan 21-17, 21-18, disusul kemenangan ganda putri Ma Jin/Wang Xiaoli (unggulan 1) atas rekan senegaranya Cheng Shu/Zhao Yunlei (unggulan 2) dengan 24-22, 21-15.

Sedangkan untuk sektor ganda campuran, pasangan Hongkong Yohan Hadikusumo Wiratama/Tse Ying Suet menjadi juara. Mereka hanya perlu berjuang tujuh menit untuk merengkuh gelar turnamen ini, karena lawannya Robert Blair (Inggris)/Imogen Bankier (Skotlandia) mundur di set pertama setelah tertinggal 5-15.

Dalam usahanya meraih kemenangan, Chai Baio/Zhan Nan harus bekerja ekstra keras. Sempat terjadi kejar-mengejar poin di awal pertandingan, Chai Baio/Zhan Nan malah tertinggal jauh selepas skor 4-4, lantaran Chen Hung/Lin Yu memimpin 14-8. Kerja keras Chai Baio/Zhan Nan untuk mengejar nyaris membuahkan hasil ketika mereka bisa memangkas selisih menjadi 17-18. Sayang, langkah Chai Baio/Zhan Nan terhenti karena Chen Hung/Lin Yu bisa meraup tiga poin terakhir untuk menang 21-17.

Di set kedua, Chai Baio/Zhan Nan mengamuk. Sejak unggul 2-0, mereka terus melejit dan jauh meninggalkan Chen Hung/Lin Yu hingga skor 18-8. Chen Hung/Lin Yu sempat mengais harapan untuk mengejar setelah menambah lima poin. Akan tetapi, Chai Baio/Zhan Nan yang sudah terlalu jauh di depan bisa mengakhiri set kedua dengan 21-13 dan memaksa rubber set.

Pada set penentuan, Chen Hung/Lin Yu tampaknya akan memenangkan duel ini. Bagaimana tidak, mereka unggul jauh atas Chai Baio/Zhan Nan karena berhasil memimpin 11-6. Tetapi, semangat juang yang tinggi dari Chai Baio/Zhan Nan membuat mereka bisa mengejar untuk menyamakan skor menjadi 12-12, dan terus melejit sampai 15-12. Sempat tertahan dua poin, Chai Baio/Zhan Nan akhirnya bisa menang 21-15 dan menobatkan dirinya sebagai jawara.

Dalam turnamen ini Indonesia memiliki empat wakil, dengan tiga di antaranya dari klub PB Djarum Kudus. Sayang, perjuangan pasukan Merah Putih hanya sampai di babak kedua setelah tunggal putra Andre Kurniawan Tedjono dan tunggal putri Fransiska Ratnasari, tersingkir dalam usaha memperebutkan tiket perempat final.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: