Badminton Lovers

Badminton is My Life

Simon Menang Cepat, Sony Kerja Keras

Posted by febrikusuma on January 31, 2010

SURABAYA, Kompas.com – Pebulu tangkis Pelatnas Simon Santoso meraih kemenangan cepat, sementara Sony Dwi Kuncoro dipaksa bermain “rubber game” pada laga pertama Yonex Sunrise Kejurnas 2009 di GOR Sudirman Surabaya, Selasa malam.

Unggulan teratas asal DKI Jakarta Simon Santoso hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyudahi perlawanan Yordan Zico (Sulawesi Tengah) dengan skor 21-6, 21-7 dan melaju ke babak ketiga.

Kualitas permainan Simon Santoso yang jauh di atas lawannya, membuatnya tidak banyak menguras tenaga untuk merebut angka. Peraih medali emas SEA Games 2009 di Laos itu, selanjutnya ditantang pemain tuan rumah Michael Agusthio Vimala yang mengalahkan unggulan ke-9 Pandu Dewantoro (Jawa Tengah) 21-13, 8-21, 21-18. “Lawannya memang masih jauh di bawah saya, jadi tidak banyak kemampuan yang saya keluarkan,” ujar Simon usai pertandingan.

Sedangkan Sony Dwi Kuncoro yang menempati “seeded” kedua, tampil lamban dan kehilangan set pertama, sebelum akhirnya menang rubber-game 22-24, 21-8, 21-11 atas Ary Trisnanto (DKI Jakarta).

Sony langsung tertinggal 1-7 di set awal, sebelum menyamakan skor 10-10 dan kembali tertinggal 11-14. Sony tetap tampil tenang saat tertinggal 19-20 dan berhasil memaksakan “deuce”.

Smes keras Ary Trisnanto kembali memaksa Sony kehilangan angka dan pukulan pemain DKI Jakarta yang bergulir melewati bibir net ke arah bidang lapangan Sony, menyudahi permainan di set pertama dengan 24-22. “Saya memang sengaja tidak terlalu memforsir tenaga di laga awal ini. Pelan-pelan dulu, meskipun sempat kalah di set awal,” kata Sony yang menjadi andalan utama tuan rumah Jatim merebut gelar juara.

Cedera ringan pada engkel kaki kanannya yang dialami menjelang kejuaraan ini, menjadi salah satu penyebab lambannya permainan pemain peringkat tujuh dunia ini.

Sepanjang set kedua dan ketiga, Sony tidak banyak menekan dan berusaha memainkan tempo. Sementara lawannya terus melancarkan smes dan sering mati sendiri.

Pada babak ketiga Rabu (27/1), Sony akan ditantang pemain Jateng, Nugroho Andi Saputra yang menumbangkan unggulan ke-16 Ariyanto Haryadi (DKI) 23-21, 21-17.

Di pertandingan lainnya, hampir semua pemain unggulan melaju ke babak ketiga. Unggulan ketiga Andre Kurniawan (Jateng) menang 21-15, 21-13 atas Furi Ibnu Handoko (Kaltim), kemudian unggulan keempat Dionysius Hayom Rumbaka (Jateng) mengalahkan Siswanto (Jatim) 21-16, 21-12.

Pemain Pelatnas Tommy Sugiarto juga tidak mengalami kesulitan saat menundukkan wakil Jatim, Seto Danu Kusuma 21-11, 21-9 dan Fauzi Adnan (Jatim) menghentikan Tunggul Nursito 21-9, 21-14.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: