Badminton Lovers

Badminton is My Life

Taufik Juga Tersandung, Dijegal Pemain Muda Denmark

Posted by febrikusuma on January 24, 2010

JAKARTA, Kompas.com – Taufik Hidayat langsung tersandung di babak pertama turnamen bulu tangkis Malaysia Terbuka Super Series. Pada pertandingan di Stadium Putra, Rabu (20/1/10), unggulan ketiga ini gagal melewati adangan pemain muda Denmark, Jan O Jorgensen, yang meraih kemenangan 7-21, 21-19, 21-17 setelah berjuang selama 56 menit.

Dengan demikian, Indonesia tak memiliki wakil lagi di sektor tunggal putra karena Taufik menjadi satu-satunya pemain Tanah Air yang tampil di nomor ini. Hal serupa juga terjadi di sektor tunggal putri, setelah pemain Pelatnas Cipayung Linda Weni Fanerti dikalahkan tunggal pertama Malaysia Wong Mew Choo.

Taufik mengawali pertandingan ini dengan sangat meyakinkan karena di set pertama dia mendominasi. Selepas skor 1-1, peraih medali emas Olimpiade Athena tersebut tak terkejar lagi hingga menang dengan skor mencolok 21-7.

Di set kedua, Jorgensen yang akhir tahun lalu menjadi juara Copenhagen Masters memberikan perlawanan gigih. Pemain berusia 22 tahun tersebut terus menempel ketat perolehan poin Taufik, sehingga perolehan poin kedua pemain tak terpaut jauh.

Bahkan setelah skor 8-8, Jorgensen yang terus memimpin meskipun Taufik beberapa kali mampu menyamakannya di angka 10-10, 14-14, 16-16, 18-18 dan 19-19. Setelah itu, Jorgensen berhasil menambah dua angka secara beruntun untuk memenangkan set kedua dengan 21-19, sekaligus memaksa rubber set.

Pada game penentuan, Taufik tampaknya bakal keluar sebagai pemenang karena di  awal set ketiga ini dia langsung memimpin 4-0, dilanjutkan dengan 7-1. Tetapi, Jorgensen yang performanya terus membaik dan diperkirakan bakal bersinar pada tahun 2010 ini, mampu keluar dari tekanan dan secara perlahan mulai menyusul Taufik.

Benar, Jorgensen mengunci Taufik di angka 8, karena dia berhasil mendulang lima poin secara beruntun untuk balik memimpin 9-8. Inilah titik balik Jorgensen, yang terus meninggalkan Taufik sampai akhirnya menang 21-17 dan meraih tiket ke babak kedua.

Kegagalan Taufik ini melengkapi derita pemain top Indonesia yang ambil bagian di turnamen berhadiah 200.000 dollar AS ini. Pasalnya, di sektor ganda campuran unggulan kedua Nova Widianto/Liliyana Natsir juga langsung tersingkir karena kalah dua set langsung dari pasangan Korea Selatan.

Besok, Jorgensen akan menghadapi pemain kualifikasi asal Jepang Kazushi Yamada, yang menang 21-19, 21-15 atas pemain Perancis Eric Pang, untuk memperebutkan tiket perempat final. Jika lolos, maka di babak delapan besar nanti Jorgensen akan menghadapi pemenang antara unggulan delapan dari China Bao Chunlai dan pemain Vietnam Nguyen Tien Minh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: