Badminton Lovers

Badminton is My Life

Ganda Putri Habis, Sisa Tiga Wakil non-Pelatnas

Posted by febrikusuma on January 24, 2010

JAKARTA, Kompas.com – Ganda putri Pelatnas Cipayung tersapu bersih di babak kedua turnamen bulu tangkis Malaysia Terbuka Super Series, Kamis (21/1/10) di Stadium Putra, Kuala Lumpur, Malaysia. Setelah pasangan Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni gagal, kini giliran Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari yang menyusul.

Menghadapi pasangan non-unggulan Korea Selatan Jung Kyung Eun/Yoo Hyun Young, Shendy/Meiliana yang merupakan unggulan keempat menyerah dua set langsung 17-21, 20-22. Pertarungan ini hanya menghabiskan waktu 31 menit.

Dengan demikian, tak ada lagi wakil Indonesia di nomor ganda putri karena hanya dua pasangan tersebut yang bisa bertahan ke babak kedua turnamen berhadiah 200.000 dollar AS ini. Jumat (22/1/10), Jung/Yoo akan bertemu dengan unggulan ketujuh dari Jepang, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa, yang menang 21-23, 21-17, 21-18 atas pasangan Perancis Laura Choinet/Weny Rahmawati.

Di set pertama, pertarungan berlangsung sangat ketat karena terjadi kejar-mengejar poin meskipun Shendy/Meiliana yang nyaris selalu ketinggalan. Tetapi selepas kedudukan 15-15, Shendy/Meiliana tak mampu mengejar lagi setelah mereka kehilangan lima poin secara beruntun, sehingga Jung/Yoo tak kesulitan menyudahi set ini dengan keunggulan 21-17.

Pada set kedua, Shendy/Meiliana bermain lebih agresif untuk mengejar kemenangan. Perjuangan pasangan putri nomor satu Pelatnas ini menunjukkan hasil yang menggembirakan, karena mereka bisa mengontrol jalannya permainan selepas skor 9-9 dengan keunggulan sangat mencolok, 19-13.

Sayang, dua angka terakhir tak mampu diraih Shendy/Meiliana. Malah, Jung/Yoo yang bermain lebih tenang bisa menambah tujuh angka secara berturut-turut untuk berbalik unggul 20-19 sampai akhirnya menang 22-20 untuk meraih tiket ke perempat final.

Sisa tiga wakil non-Pelatnas

Meskipun dua pasangan putri Pelatnas Cipayung tersebut sudah tersingkir, Indonesia masih menyisakan tiga wakil yang maju ke perempat final. Mereka adalah para pemain non-Pelatnas, yaitu ganda campuran Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa dan Flandy Limpele yang berpasangan dengan pemain Taiwan Chen Wen Hsing, serta ganda putra Alvent Yulianto Chandra/Hendra AG.

Hendra AG/Vita yang merupakan unggulan kelima maju ke babak delapan besar setelah menaklukkan pasangan Taiwan Lin Yu Lang/Yang Chia Chen dua set langsung 21-10, 21-18. Besok, mantan pasangan Pelatnas ini bertemu dengan pemain China Tao Jiaming/Zhang Yawen.

Kesuksesan juga diraih Flandy/Chen, yang menang straight set 21-14, 21-10 atas pemain tuan rumah Tan Wee Kiong/Woon Khe Wei. Selanjutnya, pasangan gado-gado ini akan bertarung dengan pemain Taiwan Chen Hung Ling/Chou Chia Chi, untuk memperebutkan satu tempat ke semifinal.

Sedangkan di sektor ganda putra, Hendra AG kembali meraih sukses. Usai tampil bersama Vita di nomor ganda campuran dan lolos ke perempat final, Hendra AG yang berpasangan dengan Alvent juga berhasil mengalahkan pemain Malaysia Chan Chong Ming/Chew Choon Eng dengan dua set langsung 21-16, 21-15. Di perempat final, unggulan keempat ini akan menghadapi pemenang antara pasangan Amerika Howard Bach/Tony Gunawan dan pasangan tuan rumah Mak Hee Chun/Tan Wee Kiong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: