Badminton Lovers

Badminton is My Life

Alvent/Hendra AG ke Semifinal, Chong Wei Susah Payah

Posted by febrikusuma on January 24, 2010

JAKARTA, Kompas.com – Ganda putra Indonesia Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan menguak asa untuk meraih gelar di turnamen bulu  tangkis Malaysia Terbuka Super Series. Mantan pasangan Pelatnas Cipayung yang menjadi unggulan keempat turnamen ini maju ke semifinal, setelah mengalahkan pasangan Amerika Serikat Howard Bach/Tony Gunawan, Jumat (22/1/10), di Putra Stadium, Bukit Jalil Sport Complek, Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam pertandingan tersebut, Alvent/Hendra AG hanya perlu waktu 23 menit untuk menang dua set langsung 21-15, 21-18. Sabtu (23/1/10), satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke semifinal ini akan menghadapi pasangan China Guo Zhendong/Xu Chen, setelah unggulan keenam tersebut menaklukkan pemain Jepang Kenichi Hayakawa/Kenta Kazuni dengan 21-17, 23-21.

Di awal pertandingan, Alvent/Hendra AG sempat tertinggal 2-5 dari Bach/Tony yang pernah menjadi juara dunia 2005. Tetapi, mereka mampu bangkit untuk mengejar dan menyamakannya di kedudukan 8-8. Setelah itu, Alvent/Hendra AG langsung melejit dengan meraih lima poin secara beruntun, sebelum menutup set pertama dengan kemenangan 21-15.

Seperti sebelumnya, pada awal set kedua juga terjadi pertarungan yang ketat. Meskipun demikian, Alvent/Hendra AG selalu berada di depan dalam pengumpulan poin sampai kedudukan 8-8. Setelah itu, Alvent/Hendra AG meraup empat poin dan meninggalkan Bach/Tony sampai akhirnya menang 21-18 dan maju ke semifinal.

Chong Wei dipaksa bermain tiga set

Di sektor tunggal putra, unggulan pertama Lee Chong Wei harus bersusah payah untuk mendapatkan tiket ke semifinal, saat melawan unggulan kelima dari China, Chen Jin. Setelah menang dengan cukup mudah 21-14 di set pertama, pemain andalan tuan rumah ini menyerah 16-21 di set kedua.

Pada set penentuan ini, Chong Wei sempat tertinggal jauh 9-13. Tetapi, ketenangan dan kematangan mental seorang juara, plus dukungan publik tuan rumah, membuat Chong Wei mampu bangkit. Dia berhasil meraih enam angka secara beruntun untuk balik memimpin 15-31, sampai akhirnya menang 21-15.

Di semifinal, Chong Wei ditantang pemain andalan Vietnam, Nguyen Tien Minh, yang menang 21-17, 22-20 atas pemain muda Denmark Jan O Jorgensen. Jorgensen ini yang menaklukkan Taufik Hidayat di babak pertama.

Partai semifinal lainnya akan mempertemukan unggulan keempat Peter Hoeg Gade dengan Boonsak Ponsana. Pemain veteran Denmark ini lolos setelah menang 21-15, 21-13 atas pemain kualifikasi Thailand Tanongsak Saensomboonsuk, dan Boonsak (Thailand), menyingkirkan pemain tuan rumah Chong Wei Feng dengan straight set 21-14, 21-9.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: