Badminton Lovers

Badminton is My Life

Alvent/Hendra AG Tumbang, Flandy Jadi Harapan Tunggal

Posted by febrikusuma on January 17, 2010

JAKARTA, KOMPAS.com — Ganda putra Indonesia, Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan, gagal melangkah ke semifinal turnamen bulu tangkis Korea Terbuka Super Series. Dalam duel perebutan tiket ke babak empat besar, Jumat (15/1/2010) di Olympic Fencing Stadium, mantan pasangan Pelatnas Cipayung yang menjadi unggulan ketiga ini tak berkutik menghadapi pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yoshiteru Hirobe, yang menang mudah 21-14, 21-7.

Dengan demikian, di kejuaraan berhadiah total 300.000 dollar AS ini, Indonesia yang tidak mengirim pemain pelatnas tinggal menyisakan satu wakil, yaitu Flandy Limpele. Berpasangan dengan pemain Taiwan Cheng Wen Hsing, Flandy maju ke semifinal dan akan menghadapi ganda campuran China, Tao Jiaming/Zhang Yawen.

Kekalahan mencolok Alvent/Hendra AG memang cukup mengejutkan karena disingkirkan oleh pasangan non-unggulan. Dalam duel yang hanya berlangsung 18 menit tersebut, unggulan ketiga ini tak pernah memimpin dalam perolehan poin.

Di set pertama, Alvent/Hendra AG hanya dua kali mampu menyamakan skor, ketika kedudukan 1-1 dan 5-5. Setelah itu, Endo/Hirobe tak terbendung lagi karena mereka terus menjauhi kejaran pasangan Indonesia tersebut, sampai menang 21-14.

Pada awal set kedua, Alvent/Hendra AG sempat memberikan perlawanan sengit. Sayang, usaha mereka hanya bertahan sampai kedudukan 3-3. Pasalnya, selepas skor tersebut, pasangan Jepang bisa meraup tujuh poin secara beruntun, dan akhirnya menang 21-7.

China tetap dominan

Di turnamen ini, China lagi-lagi menunjukkan dominasi mereka sebagai penguasa bulu tangkis dunia. Meskipun tak menurunkan para pemain terbaiknya, “Negeri Tirai Bambu” ini berhasil meloloskan para wakilnya ke semifinal untuk tampil di semua nomor.

Total, China menempatkan delapan wakilnya untuk berjuang memperebutkan tiket ke final, diikuti oleh tuan rumah Korea, yang meloloskan enam wakil. Jepang juga membuat kejutan karena “Negeri Sakura” ini memiliki tiga wakil. Sementara itu, Malaysia dan Denmark masing-masing hanya menempatkan satu pemain di nomor tunggal putra melalui unggulan pertama Lee Chong Wei dan unggulan kedua Peter Hoeg Gade.

Untuk nomor tunggal putri, para pemain Korea mengepung satu-satunya wakil China, Wang Shixian. Unggulan keenam ini akan diadang Kim Moon Hi. Adapun partai lain mempertemukan Bae Seung Hee dan Sung Ji Hyun.

Di sektor tunggal putra, Chong Wei bertemu salah satu musuh bebuyutannya dari China, Chen Jin, yang merupakan unggulan ketiga. Pemenang duel ini akan bertemu dengan pemenang pertandingan lainnya, yang mempertemukan Peter Gade dan unggulan ketujuh dari China Chen Long.

China juga menempatkan dua wakil di nomor ganda campuran. Unggulan ketiga He Hanbin/Yu Yang akan ditantang pasangan Jepang, Noriyasu Hirata/Miyuki Maeda, dan Tao Jiaming/Zhang Yawen bertemu Flandy/Cheng.

Seperti halnya ganda campuran, di sektor ganda putra pun China meloloskan dua wakilnya melalui Chai Biao/Zhang Nan dan unggulan kelima Cai Yun/Fu Haifeng. Perjuangan Chai/Zhang untuk maju ke final bakal berat karena mereka harus lebih dulu mengalahkan pasangan tuan rumah dan peringkat satu dunia, Lee Yong Dae/Jung Jae Sung. Sementara itu, Cai Yun/Fu Haifeng yang berjuang 58 menit untuk menang 21-16, 15-21, dan 21-18 atas unggulan kedua dari Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen, bertemu penakluk Alvent/Hendra AG, Endo/Hirobe.

Di nomor ganda putri, China berharap pada unggulan utama Cheng Shu/Zhao Yunlei, yang ditantang pasangan tuan rumah, Ha Jung Eun/Lee Kyung Won, untuk perebutkan tiket ke final. Partai semifinal lainnya di sektor ini mempertemukan pasangan tuan rumah Jung Kyung Eun/Yoo Hyun Young dengan unggulan kedua dari Jepang, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: