Badminton Lovers

Badminton is My Life

Mennegpora: Regenerasi Atlet Harus Seimbang!

Posted by febrikusuma on January 10, 2010

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Mennegpora) Andi Mallarangeng mengimbau regenerasi atlet, terutama cabang bulu tangkis, harus seimbang. Dengan demikian, tradisi emas pada event internasional bisa tetap terjaga.

“Ketika senior tidak dalam posisi puncak, maka pelapisnya sudah siap. Tidak seperti saat ini,” katanya di sela kunjungan ke markas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Cipayung Jakarta Timur, Sabtu (9/1/2010).

Menurut dia, jika regenerasi atlet terlambat maka peluang untuk mempertahankan tradisi emas pada event SEA Games, Asian Games ataupun olimpiade akan lebih berat.

Saat ini, kata dia, atlet-atlet muda dari luar negeri terus bermunculan. Untuk itu, perlu secepatnya Indonesia mengkutinya agar tidak tertinggal.

“Seperti di SEA Games Laos lalu. Banyak pemain muda luar bermunculan. Itu harus diwaspadai,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan adanya evaluasi internal diharapkan secepatnya mampu memberikan soluasi agar pembinaan maupun regenerasi bulu tangkis berjalan efektif.

“Pelapis sangat diperlukan, bukan hanya bulu tangkis saja, namun seluruh cabang olahraga yang lain,” katanya.

Ditanya banyaknya pemain bulu tangkis unggulan yang berlatih di luar pelatnas, mantan juru bicara presiden itu tidak mempermasalahkan, asal masih dalam pemantauan.

“Kita akan mengintegrasikan antara yang berlatih di pelatnas maupun yang di luar. Yang jelas mereka harus mempertahankan kondisinya agar siap diterjunkan pada event-event internasional,” katanya.

Atlet unggulan yang saat ini berlatih di luar Pelatnas Cipayung di antaranya adalah Taufik Hidayat. Sedangkan yang bertahan di pelatnas, di antaranya Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso ataupun Maria Kristin Yulianti.

Tim bulu tangkis Indonesia setelah bertanding di SEA Games akan dipersiapkan untuk beberapa pertandingan internasional. Selain itu, disiapkan untuk Asian Games di Guangzhou China dan olimpiade.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: