Badminton Lovers

Badminton is My Life

Ke Bali untuk Bertanding dan Berlibur

Posted by febrikusuma on January 1, 2010

SINGARAJA, KOMPAS.com — Sebanyak 20 pemain andalan dari Jepang ikut ambil bagian dalam turnamen terbuka bulu tangkis di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

Ketua PBSI Buleleng Dewa Ketut Puspaka di Singaraja, Selasa (29/12/2009), menjelaskan, kejuaraan bulu tangkis terbuka pertama di Kota Singaraja ini seluruhnya diikuti 106 peserta berasal dari Jepang, Jawa Timur, dan utusan dari beberapa daerah di Bali. “Dari Jawa Timur mengirimkan 16 pemain, sedangkan dari seluruh Bali sebanyak 70 pemain. Kejuaraan ini dimulai Senin, 28 Desember, dan akan berakhir 31 Desember 2009,” katanya.

Menurut dia, sejumlah pemain andal ikut dalam kejuaraan ini, seperti Agustinus Eko Sartono (Jawa Timur) yang mantan juara Singapura terbuka, Chandra Berata, andalan Bali. Selain itu, ada pemain pelatda Bali asal Buleleng yang dipersiapkan menghadapi kejurnas bulu tangkis, seperti Komang Agus dan Pande Gede Yamendra.

Ketua panitia kejuaraan ini, Putra Dana, mengatakan, ajang ini termasuk kejuaraan bergengsi karena tampil pemain-pemain yang sering mengikuti kejuaraan-kejuaraan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dari Jepang, misalnya, tercatat nama Kanamori yang beberapa kali berhasil keluar sebagai juara dalam berbagai turnamen di negeri Sakura serta Iwata yang namanya juga tak asing dalam kejuaraan penting di Jepang dan Indonesia.

Nomor-nomor yang dipertandingkan meliputi lima kategori, yakni tungal dewasa putra, tunggal dewasa putri, ganda dewasa putra, ganda dewasa putri, serta ganda campuran dengan total hadiah mencapai Rp 25 juta.

Manajer tim bulu tangkis Jepang Shinji Bintoh, yang juga pelatih, menilai, daerah Buleleng mempunyai potensi yang tidak kalah dengan daerah lainnya, termasuk Jepang. “Banyak atlet muda berbakat di sini, tinggal perlu pembinaan yang lebih intensif,” katanya.

Shinji Bintoh bahkan memberikan pujian atas terlaksananya kejuaraan yang bertaraf internasional yang muncul dari kota kecil seperti Singaraja ini. Panitia dianggap berani menggelar turnamen yang melibatkan atlet luar negeri. Bupati Buleleng Putu Bagiada berharap, dengan rutinnya digelar kejuaraan-kejuaraan, bahkan bertaraf internasional, suatu saat akan lahir pemain-pemain nasional dari Buleleng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: