Badminton Lovers

Badminton is My Life

Dionysius Diharapkan Menjuarai India Open

Posted by febrikusuma on December 10, 2009

SEMARANG, Kompas.com – Pebulu tangkis tunggal putra PB Djarum Kudus, Dyonisius Hayom Rumbaka, diharapkan bisa menjadi juara pada turnamen bulu tangkis Grand Prix India Open yang dijadwalkan berlangsung pertengahan Desember mendatang.

Ketua PB Djarum Kudus, FX Supandji, cukup optimistis Hayom bisa mewujudkan target itu. Pasalnya, prestasi yang dicatat Hayom selama ini cukup bagus, dan dia juga diunggulkan di tempat kelima pada turnamen ini.

“Saya harapkan Hayom bisa menjadi juara di India Open karena saya melihat prestasinya akhir-akhir ini terus menunjukkan peningkatan,” katanya, Senin (7/12).

Pada turnamen bulu tangkis Hongkong Open beberapa waktu lalu, Hayom berhasil melangkah ke babak perempat final. Sayang, langkahnya dihentikan pebulu tangkis China, Bao Chun Lai dengan 15-21 dan 15-21.

Sebelumnya, Hayom menyingkirkan pebulu tangkis Taiwan, Hsieh Yu Hsin, dengan dua set langsung, 21-13 dan 21-9. Pebulu tangkis Taiwan ini akhirnya mengalahkan Taufik Hidayat pada babak penyisihan grup Super Series Masters Finals (Final Super Series) 2009 yang berlangsung di Johor Malaysia akhir pekan lalu.

Bahkan pada babak pertama, Hayom yang harus berjuang dari babak kualifikasi ini berhasil membuat kejutan dengan menyingkirkan pebulu tangkis tangguh asal Thailand, Boonsak Ponsana, dengan dua set langsung, 22-20 dan 21-19.

Di samping itu, kata dia, pada turnamen bulu tangkis India Open ini tidak diikuti pebulu tangkis top dunia seperti Peter Gade (Denmark), Lee Chong Wei (Malaysia), Bao Chunlai (China).

Menyinggung soal peluang Andre Kurniawan yang diunggulkan di tempat ketiga pada India Open ini, dia mengatakan, semua tergantung pada Andre. Karena, beberapa kali penampilannya kurang bisa mencapai prestasi yang maksimal.

“Siapa tahu pada turnamen di penghujung tahun ini dia bisa mencapai prestasi terbaiknya. Saya lihat dia latihan sangat keras di GOR Jati (milik PB Djarum Kudus),” katanya.

Tentang peluang Maria Febe Kusumastuti yang diunggulkan di tempat kedua, dia mengatakan tunggal putri itu bisa diandalkan. Tetapi, Maria bakal mendapat tantangan berat dari juara Indonesia Open 2009, Saina Nehwal dari India, yang diunggulkan di tempat pertama.

“Saya kira peluang Maria Febe dan Fransiska Ratnasari (unggulan kelima) cukup berat untuk bisa menjadi juara karena akan bertemu pebulu tangkis tuan rumah yang menjadi juara Indonesia Open. Tetapi yang terpenting adalah mereka mau bekerja keras, saya kira kemungkinannya tetap ada,” katanya.

Pada turnamen bulu tangkis India Open ini, PB Djarum Kudus mengirimkan empat atletnya, yaitu Dyonisius Hayom Rumbaka dan Andre Kurniawan (tunggal putra), serta Maria Febe Kusumastuti dan Fransiska Ratnasari (tunggal putri).

“Mereka berangkat dengan biaya dari PB Djarum Kudus tetapi kalau mereka menjadi juara dan mendapat hadiah maka hadiah itu untuk atlet yang bersangkutan,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: