Badminton Lovers

Badminton is My Life

Final Super Series Tanpa Pemain Utama China dan Indonesia

Posted by febrikusuma on November 27, 2009

JAKARTA, Kompas.com – Turnamen tutup tahun “Super Series Masters Finals” di Malaysia, 2-6 Desember tidak akan diikuti para pemain utama Indonesia dan China.

Setelah Indonesia lebih mementingkan SEA Games Laos dan menarik semua pemain nasionalnya yang lolos ke turnamen akhir musim tersebut, China menyusul dengan tidak mengirim pemain topnya.

Menurut situs resmi Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) yang akan menjadi penyelenggara turnamen berhadiah 500.000 dolar AS itu, Rabu, disebutkan China memilih tidak mengirim pemain top termasuk juara dunia Lin Dan. Pada penyelenggaraan pertama tahun lalu di Kota Kinabalu, Malaysia, China menarik semua pebulu tangkisnya.

Selain Lin Dan, China juga menarik tunggal putra nomor duanya Chen Jin dan hanya menyisakan Bao Chunlai sebagai satu-satunya wakil tunggal putra yang menempati urutan delapan dalam peringkat Super Series setelah ke-12 rangkaian turnamen tersebut selesai dengan turnamen terakhir China Terbuka di Shanghai pekan lalu.

Manajer event Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) M. Venugopal, memastikan bahwa Lin Dan dan Chen Jin tidak akan tampil dalam Final Super Series. “China hanya akan diwakili oleh pemain top pada tunggal putri Wang Yihan (sekarang peringkat satu dunia). Kami harus memilah banyak hal sebelum dapat menyelesaikan daftar peserta untuk Final,” katanya seperti dikutip situs BAM.

Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA) juga telah memutuskan untuk memasukkan ganda putra nomor duanya Guo Zhendong/Chen Xu sementara peringkat satu dunia ganda putri Du Jing/Yu Yang absen dalam turnamen tersebut.

Keputusan CBA untuk tidak mengirim pemain-pemain topnya mungkin negara tersebut akan mengikutsertakan pemain utamanya dalam East Asian Games di Hong Kong pada 5-13 Desember. Bulu tangkis dalam pesta olahraga multi cabang empat tahunan itu akan dipertandingkan 10-13 Desember. Tunggal putri terbaik Hong Kong Zhou Mi dan Wang Chen juga tidak akan datang ke Johor.

Keputusan China tidak menurunkan pemain utamanya merupakan pukulan bagi penyelenggara, terutama setelah PBSI juga memutuskan tidak mengirim pemain termasuk pasangan juara Olimpiade Markis Kido/Hendra Setiawan, pemain tunggal Sony Dwi Kuncoro dan Simon Santoso serta ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: