Badminton Lovers

Badminton is My Life

Menyedihkan! Sony Disingkirkan Pemain Kualifikasi

Posted by febrikusuma on November 12, 2009

HONGKONG, Kompas.com – Menyedihkan! Tunggal putra Indonesia Sony Dwi Kuncoro, langsung tersingkir di babak pertama Hongkong Terbuka Super Series. Padahal, dalam laga perdananya di Queen Elizabeth Stadium, Rabu (11/11), juara Indonesia Terbuka 2008 tersebut “hanya” bertemu pemain kualifikasi asal Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk.

Dalam duel selama 55 menit, Sony menyerah 13-21, 21-19, 16-21. Dengan demikian, tunggal putra Indonesia yang tersisa di turnamen berhadiah 250.000 dollar AS ini adalah unggulan kelima Taufik Hidayat, rekan setim Sony di Pelatnas, Simon Santoso, serta pemain PB Djarum Kudus Dionysius Hayom Rumbaka.

Namun sudah bisa dipastikan, antara Taufik dan Simon pasti tersingkir di babak kedua. Pasalnya, Taufik yang merupakan mantan pemain Pelatnas ini, harus saling “membunuh” dengan Simon, untuk memperebutkan tiket ke perempat final. Sementara itu, Dionysius bertemu pemain tangguh dari Taiwan, Hsieh Yu Hsin.

Kegagalan Sony ini tentu saja sangat menyesakkan. Bagaimana tidak, Sony sudah mendapat “keuntungan” karena tunggal utama China, Lin Dan, yang mesti menjadi lawannya di babak pertama ini mengundurkan diri, sehingga dia “diberi” lawan enteng yang lolos dari babak kualifikasi. Tetapi, performanya justru anjlok sehingga langsung tersingkir.

Di set pertama, Sony tak berdaya menghadapi agresivitas Tanongsak. Pemain Thailand tersebut tampil menyerang sejak awal, sehingga dia terus memimpin perolehan poin. Meski sempat terjadi pertarungan sengit, tetapi selepas skor 12-12, Tanongsak melejit dan hanya sempat kehilangan satu poin sebelum menang 21-13.

Tak ingin dipecundangi pemain kurang terkenal, Sony bangkit di set kedua. Kali ini dia terus memimpin perolehan poin, meskipun Tanongsak terus menempel ketat sampai skor 18-18, sampai akhirnya Sony bisa menambah tiga poin lagi untuk menang 21-19, sekaligus memaksa rubber game.

Di set penentuan, lagi-lagi Sony keteteran. Terbukti, lawan sempat unggul jauh dengan skor 13-7. Meskipun sempat mengejar dan balik unggul 16-15, Sony tak mampu meredam semangat Tanongsak. Pasalnya, setelah skor tersebut Tanongsak yang menyapu bersih enam angka tersisa untuk menang 21-16 dan berhak maju ke babak kedua untuk bertemu Kenichi Tago. Pemain Jepang ini lolos setelah menang 16-21, 21-19, 21-14 atas pemain Malaysia, Wong Choong Hann.

Dengan demikian, secara keseluruhan sudah empat wakil Pelatnas Cipayung yang tersingkir di babak pertama ini. Sebelumnya, ganda putra Mohammad Ahsan/Bona Septano menyerah dari seniornya non-Pelatnas, Alven Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan, serta dua tunggal putri, Maria Kristin Yulianti dan Adriyanti Firdasari, juga tak mampu melewati adangan lawan-lawannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: