Badminton Lovers

Badminton is My Life

Ana Juga Tersingkir, Hanya Maria Febe yang Tersisa

Posted by febrikusuma on November 12, 2009

HONGKONG, Kompas.com – Fransisca Ratnasari gagal mengikuti jejak rekannya sesama pemain PB Djarum Kudus, Maria Febe Kusumastuti. Dalam duel babak pertama Hongkong Terbuka Super Series di Queen Elizabeth Stadium, Rabu (11/11), tunggal putri Indonesia yang lolos lewat babak kualifikasi ini menyerah dua set langsung 19-21, 18-21 dari unggulan kedua asal Hongkong, Zhou Mi.

Dengan demikian, tiga tunggal putri Indonesia sudah harus angkat koper. Sebelumnya, dua tunggal putri Pelatnas Cipayung, Maria Kristin Yulianti dan Adriyanti Firdasari, sudah lebih dulu keok. Hanya Maria Febe yang lolos ke babak kedua, setelah menang rubber set 14-21, 21-14, 21-19 atas pemain Singapura Xing Aiying dalam pertarungan selama 55 menit–tapi di babak kedua, Maria Febe akan bertemu unggulan ketujuh dari China, Lu Lan.

Meskipun kalah, Ana–sapaan Fransisca–memberikan perlawanan yang gigih. Malah dalam pertarungan dua set itu, Ana sempat unggul, tetapi dia tak mampu mempertahankannya hingga menjelang akhir lagi.

Di set pertama, Ana yang beberapa waktu lalu menjadi juara Vietnam Terbuka, mampu mengimbangi permainan Zhou Mi. Bahkan setelah tertinggal 7-8, dia bisa menambah empat poin secara berturut-turut untuk balik memimpin 11-8. Sayang, keunggulan itu tak bisa dipertahankannya, sehingga Zhou Mi bisa mengejar dan menyamakannya menjadi 12-12.

Setelah itu terjadi pertarungan yang alot. Ana terus menempel ketat perolehan poin Zhou Mi yang merupakan mantan pemain nomor satu dunia tersebut. Tetapi setelah menyamakannya menjadi 19-19, Ana gagal membendung Zhou Mi yang bisa menambah dua angka untuk menang 21-19.

Di set kedua, Ana bermain lebih agresif dan dia bisa mengendalikan jalannya pertandingan sehingga terus memimpin sampai kedudukan 10-5. Sayang, lagi-lagi ketidaktenangan yang membuat pemain PB Djarum ini harus kehilangan banyak poin, sehingga memberikan kesempatan kepada lawan untuk mengejar dan menyamakannya menjadi 12-12.

Inilah titik balik keunggulan Zhou Mi, karena setelah itu dia yang mengambil alih kendali permainan. Alhasil, Zhou Mi pun terus melaju hingga akhirnya menang 21-18 dan maju ke babak kedua untuk bertemu dengan penakluk Maria Kristin, Wang Xin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: