Badminton Lovers

Badminton is My Life

Simon Lolos, Buka Jalan All-Indonesian Final

Posted by febrikusuma on October 24, 2009

ODENSE, KOMPAS.com – Simon Santoso membuka peluang untuk terciptanya all-Indonesian final Denmark Terbuka Super Series. Tunggal putra yang menjadi unggulan kelima di turnamen berhadiah 200.000 dollar AS ini maju ke semifinal usai menaklukkan pemain India Gurusaidutt R. M. V dengan straight set 21-17 21-….., Jumat (23/10) malam waktu setempat, di Odense Idraets Park.

Selanjutnya, di babak empat besar, Sabtu (24/10), Simon yang merupakan semifinalis Jepang Terbuka Super Series pada bulan lalu, akan menghadapi unggulan ketujuh Jan O Jorgensen. Pemain Denmark ini lolos setelah mengalahkan kompatriotnya yang menjadi unggulan pertama dan merupakan juara bertahan, Peter Hoeg Gade dengan rubber set 7-21 21-17 21-16

Lolosnya Simon ini membuat selangkah lagi Indonesia menempatkan dua wakilnya di partai puncak, karena Sony Dwi Kuncoro juga meraih tiket ke semifinal. Akan tetapi, untuk menciptakan final yang tentunya menjadi idaman seluruh pecinta bulu tangkis di Tanah Air, baik Simon maupun Sony yang merupakan unggulan kedua, harus bisa mengalahkan lawan mereka di semifinal ini.

Dengan demikian, Indonesia hanya meloloskan tiga dari tujuh wakilnya yang tampil di babak delapan besar ini, yaitu dua tunggal putra Simon dan Sony, serta ganda putra yang sedang merajut asa untuk mempertahankan gelar ini, Markis Kido/Hendra Setiawan. Sedangkan empat wakil yang gagal adalah dua ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir dan Devin Lahardi Fitriawan/Lita Nurlita, ganda putri hendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari dan tunggal putri Adriyanti Firdasari.

Duel Simon dan Gurusaidutt ini hanya berlangsung ketat di set pertama karena terjadi kejar-mengejar poin sampai skor 17-17. Tetapi setelah itu, Simon yang di Jepang Terbuka menumbangkan sejumlah pemain top seperti pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei (Malaysia) dan Sony Dwi Kuncoro–sebelum ditaklukkan Taufik Hidayat di semifinal–meraup empat poin terakhir untuk menang 21-17.

Di game kedua, performa Gurusaidutt jauh menurun. Pemain India ini hanya bisa tampil maksimal sampai unggul 5-4, karena setelah itu Simon melejit dengan perolehan delapan poin secara beruntun untuk unggul 12-5.

Selanjutnya, Simon yang mengontrol jalannya pertandingan sempat kendor sehingga Gurusaidutt bisa memangkas jarak menjadi hanya tertinggal 12-14. Setelah itu, Simon kembali bermain agresif untuk meraih lima poin lagi sehingga unggul 19-12, sebelum menutupnya dengan skor akhir 21-15 dan maju ke semifinal.

Hasil perempat final Denmark Terbuka Super Series (khusus pemain Indonesia)

– Tunggal putra
(2) Sony Dwi Kuncoro vs (6) Chetan Anand (India)     21-17 21-14
(5) Simon Santoso vs Gurusaidutt R. M. V. (India)     21-17 21-15

– Tunggal putri
(2) Tine Rasmussen (Denmark) vs (7) Adriyanti Firdasari     11-21 21-13 21-15

– Ganda putra
(1) Markis Kido/Hendra Setiawan vs (8) Guo Zhendong/Xu Chen (China)     21-17 22-20

– Ganda putri
Shizuka Matsuo/Mami Naito (Jepang) vs (3) Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari        21-18 21-18

– Ganda campuran
(6) Tao Jiaming/Zhang Yawen (China) vs (1) Nova Widianto/Liliyana Natsir    10-21 21-17 21-13
(2) Joachim Fischer/Christinna Pedersen (Denmark) vs (8) Devin Lahardi Fitriawan/Lita Nurlita    21-19 21-12

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: