Badminton Lovers

Badminton is My Life

Ganda Campuran dan Ganda Putri Indonesia Habis!

Posted by febrikusuma on October 24, 2009

ODENSE, KOMPAS.com – Pupuslah harapan Indonesia untuk meraih gelar di nomor ganda campuran turnamen bulu tangkis Denmark Terbuka Super Series. Setelah unggulan utama Nova Widianto/Liliyana Natsir tersingkir, kini giliran unggulan kedelapan Devin Lahardi Fitriawan/Lita Nurlita, yang harus angkat kaki dari kejuaraan berhadiah 200.000 dollar AS tersebut.

Pada perebutan tiket semifinal, Jumat (23/10), Devin/Lita menyerah dua set langsung 19-21 12-21 dari pasangan tuan rumah Joachim Fischer/Christinna Pedersen. Artinya, habislah wakil Indonesia di nomor ini. Sedangkan bagi Fischer/Pedersen yang merupakan unggulan kedua, kesuksesan tersebut membuat mereka tetap memelihara peluang untuk mempertahankan gelar, dan selanjutnya akan menghadapi pasangan Polandia Robert Mateusiak/Nadiezda Kostiuczyk.

Di set pertama, Devin/Lita memberikan perlawanan yang seimbang sehingga terjadi pertarungan yang ketat dan seru. Setelah tertinggal di awal pertandingan, pasangan Indonesia ini mampu mengejar dan balik unggul 14-21.

Tetapi setelah itu, perolehan poin Devin/Lita tertahan sedangkan Fischer/Pedersen bisa menambah lima poin secara beruntun untuk unggul 17-14. Kemudian, Devin/Lita bisa mengejar dan menyamakan skor menjadi 19-19. Sayang, di angka kritis ini Devin/Lita gagal meraih poin sehingga mereka menyerah 19-21.

Di set kedua, Devin/Lita tak berdaya menahan gempuran pasangan tuan rumah tersebut. Sempat mengejar untuk menyamakan skor menjadi 4-4, performa Devin/Lita tak membaik sehingga mereka semakin jauh tertinggal, apalagi setelah Fischer/Pedersen menambah enam poin beruntun untuk unggul 16-8.

Di angka tersisa, Devin/Lita berusaha memberikan perlawanan untuk membuka harapan meraih kemenangan dan memaksa rubber game. Tetapi usaha pasangan Pelatnas Cipayung ini tak menuai hasil, karena Fischer/Pedersen yang sudah berada di atas angin tak bisa dibendung untuk menang 21-12 dan lolos ke semifinal.

Ganda putri juga habis

Setali tiga uang dengan ganda campuran, nasib pemain Indonesia di sektor ganda putri pun demikian. Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari yang menjadi satu-satunya wakil Tanah Air pada nomor ini di perempat final, gagal melewati adangan pasangan Jepang Shizuka Matsuo/Mami Naito.

Dalam pertarungan selama 43 menit, Shendy/Meiliana yang merupakan unggulan ketiga menyerah 18-21 18-21 dari pasangan Jepang yang tidak diunggulkan tersebut.

Di awal pertandingan, Shendy/Meiliana tampil cukup bagus karena mampu memimpin jalannya pertandingan. Bahkan, pasangan Pelatnas ini memiliki peluang untuk menang ketika sudah unggul 18-16. Sayang, mereka gagal memanfaatkan kesempatan itu dan sebaliknya Matsuo/Naito yang melejit dengan perolehan lima poin secara beruntun untuk memenangkan set pertama.

Pada set kedua, performa Shendy/Meiliana agak menurun. Ini membuat pasangan Jepang dengan cepat melaju dan terus memimpin perolehan poin hingga akhirnya menang 21-18 dan maju ke semifinal.

Dengan kegagalan Devin/Lita serta Shendy/Meiliana, maka secara keseluruhan ada empat wakil Indonesia yang tersingkir di perempat final. Sebelumnya, tunggal putri Adriyanti Firdasari serta ganda campuran Nova/Liliyana, sudah lebih dulu menyerah dari lawan-lawannya.

Sedangkan yang bertahan dan lolos ke semifinal adalah tunggal putra Sony Dwi Kuncoro serta ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan. Harapan masih tersisa di satu wakil lagi, yakni tunggal putra Simon Santoso yang masih sedang bermain untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: