Badminton Lovers

Badminton is My Life

Taufik Gagal Lagi Jadi Juara

Posted by febrikusuma on September 28, 2009

TOKYO, KOMPAS.com ā€” Taufik Hidayat untuk ketiga kalinya gagal meraih gelar di Jepang Terbuka Super Series. Pada final turnamen berhadiah 200.000 dollar AS ini, Minggu (27/9), dia menyerah dua set langsung 15-21 12-21 dari pemain China, Bao Chunlai.

Dengan demikian, Taufik belum mampu mewujudkan impiannya menjadi juara di turnamen ini. Sebelumnya, dia juga dua kali tampil di final pada tahun 2006 dan 2007, tetapi secara berturut-turut dikalahkan jagoan China Lin Dan dan pemain Malaysia yang saat ini menempati peringkat satu dunia, Lee Chong Wei.

Hasil ini juga memastikan, Indonesia hanya berhasil membawa satu gelar dari Jepang Terbuka. Pasalnya, di nomor ganda putra terjadi all-Indonesian final antara Markis Kido/Hendra Setiawan versus Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan.

Meskipun mendapat dukungan dari suporter Indonesia di Jepang, Taufik yang merupakan unggulan keempat gagal menaklukkan Bao Chunlai. Pemain China itu yang memiliki ranking BWF 25, selalu unggul dalam pengumpulan angka.

Di set pertama, Taufik hanya bisa mengimbanginya sampai skor 3-3 karena setelah itu Bao Chunlai terus melaju kencang. Bahkan setelah unggul 12-9, Bao Chunlai bisa menambah lima poin secara beruntun untuk melebarkan jarak sampai memenangkan set ini dengan 21-15.

Pada set kedua, Bao Chunlai bermain lebih agresif. Strategi ini menunjukkan hasil bagus karena dia langsung unggul 6-1. Kondisi ini membuat Taufik semakin tertekan dan sulit bangkit. Alhasil, pemain jangkung ini mengakhiri duel selama 39 menit tersebut dengan kemenangan 21-12.

Kemenangan Bao Chunlai membuat China telah menggondol dua gelar. Pada partai sebelumnya terjadi all-Chinese final di nomor tunggal putri, di mana Wang Yihan mampu mempertahankan gelarnya setelah menaklukkan Wang Xin. China masih berpeluang meraih gelar di nomor tunggal putri melalui unggulan kelima Ma Jin/Wang Xiaoli, yang menghadapi pemain tuan rumah Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: