Badminton Lovers

Badminton is My Life

Kido/Hendra Juara

Posted by febrikusuma on September 28, 2009

TOKYO, KOMPAS.com — Markis Kido/Hendra Setiawan meraih gelar Jepang Terbuka Super Series 2009. Di final, Minggu (27/9), ganda putra nomor satu dunia tersebut mengalahkan rekannya di Pelatnas Cipayung, Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan, dengan straight set 21-19 24-22.

Ini merupakan gelar kedua Kido/Hendra pada tahun 2009. Sebelumnya, peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 ini telah menjuarai Malaysia Terbuka Super Series pada bulan Januari lalu.

Dalam partai all-Indonesian final ini, pertarungan berlangsung dalam tempo yang sangat tinggi. Yonathan/Rian mampu memberikan perlawanan yang seimbang sehingga mereka tak pernah tertinggal jauh dalam pengumpulan poin.

Di set pertama, Kido/Hendra sempat unggul jauh seusai skor 8-8 karena unggulan pertama tersebut memimpin 13-9. Namun, Yonathan/Rian bisa mengejar dan sempat menyamakan lagi kedudukan menjadi 18-18, sebelum Kido/Hendra menyelesaikan set tersebut dengan kemenangan 21-19.

Seperti sebelumnya, pada game kedua pertandingan tetap berlangsung dalam tempo tinggi. Adu drive dan smes mewarnai duel sepanjang 30 menit tersebut.

Yonathan/Rian tampaknya akan memaksa rubber set ketika mereka sudah unggul 20-16. Sayang, pasangan muda pelatnas ini gagal memanfaatkan empat game point yang dimiliki karena mereka kehilangan empat poin sehingga terjadi deuce, yang akhirnya dimenangkan Kido/Hendra dengan 24-22, untuk memastikan diri sebagai juara.

Di turnamen berhadiah 200.000 dollar AS ini, Indonesia hanya bisa membawa pulang satu gelar karena di nomor tunggal putra, Taufik Hidayat gagal menjadi juara. Mantan pemain pelatnas ini menyerah dua set langsung dari pemain China, Bao Chunlai.

China sempurna

Dalam kejuaraan ini, China yang tidak menurunkan kekuatan terbaiknya, pulang dengan hasil yang sempurna karena tiga wakilnya yang tampil di final berhasil menjadi juara. Selain Wang Yihan yang memenangkan all-Chinese final di nomor tunggal putri melawan Wang Xin, serta Bao Chunlai yang menaklukkan Taufik, ganda putri Ma Jin/Wang Xiaoli juga sukses setelah mengalahkan pasangan tuan rumah Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna.

Dalam duel yang berlangsung 54 menit, pasangan unggulan kelima ini menang straight set 21-19 21-18 atas Maeda/Suetsuna, yang merupakan unggulan ketujuh.

Meskipun gagal menjadi juara, tetapi Maeda/Suetsuna sudah bisa membangkitkan lagi gairah bulu tangkis Jepang. Pasalnya, mereka untuk pertama kalinya menjadi pemain Jepang yang lolos ke final turnamen di negeri sendiri ini, setelah 19 tahun tak pernah ada wakil yang bermain di partai puncak.

Maeda/Suetsuna lolos ke final setelah menyingkirkan unggulan kedua dari Korea Selatan Ha Jung Eun/Kim Min Jung. Dalam partai semifinal yang berlangsung 1 jam 15 menit, Maeda/Suetsuna menang 19-21 21-18 21-14.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: