Badminton Lovers

Badminton is My Life

Nova/Liliyana Lolos, Hendra AG/Vita Bikin Kejutan

Posted by febrikusuma on September 24, 2009

TOKYO, KOMPAS.com — Ganda campuran nomor satu Indonesia Nova Widianto/Liliyana Natsir maju ke perempat final turnamen bulu tangkis Jepang Terbuka Super Series 2009. Dalam laga perdananya, Kamis (24/9), Nova/Liliyana yang ditempatkan sebagai unggulan ketiga menang straight set 21-7 21-8 atas pemain tuan rumah Takeshi Kamura/Koharu Yonemoto.

Peraih medali perak Olimpiade Beijing 2008 ini masih terlalu tangguh bagi pasangan tuan rumah. Dalam laga berdurasi 21 menit itu, mereka nyaris tak mendapat perlawan berarti karena terlalu mudah mengumpulkan poin.

Pada set pertama, Nova/Liliyana langsung unggul 4-0, sebelum pasangan Jepang mengejar dan menyamakannya. Namun, sampai di sini saja usaha maksimal Kamura/Yonemoto karena setelah itu Nova/Liliyana melaju dengan sangat cepat untuk menang 21-17.

Di set kedua, Nova/Liliyana benar-benar tak terbendung. Sempat tertinggal 0-2, mantan pasangan nomor satu dunia ini mengamuk dan mengumpulkan 15 poin secara beruntun untuk unggul 15-2, sampai akhirnya menang 21-8 dan maju ke perempat final.

Di babak delapan besar, Jumat (25/9), Nova/Liliyana akan bertemu Ko Sung Hyun/Ha Jung Eun. Pasangan Korea Selatan tersebut lolos setelah menang 19-21 21-10 21-18 atas pasangan Thailand Sudket Prapakamol/Saralee Thungthongkam.

Hendra AG/Vita bikin kejutan

Pada pertandingan lain, Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa membuat kejutan karena mereka menyingkirkan unggulan kedua dari China, Zheng Bo/Ma Jin. Dalam duel selama 49 menit itu, Hendra AG/Vita yang pernah menghuni Pelatnas Cipayung itu menang 11-21 21-9 21-17 atas pasangan juara Indonesia Terbuka Super Series bulan Juni lalu tersebut.

Dengan demikian, Vita terus memelihara asanya untuk mempertahankan gelar tersebut. Tahun lalu, Vita menjadi juara Jepang Terbuka Super Series, ketika masih berada di pelatnas dan berpasangan dengan Muhammad Rijal.

Namun, di perempat final Hendra AG/Vita akan mendapat lawan yang berat lagi karena mereka bertemu unggulan kelima asal Denmark yang menjadi jawara di Kejuaraan Dunia 2009, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl. Pasangan yang mengalahkan Nova/Liliyana di final Kejuaraan Dunia tersebut lolos setelah menang 21-13 21-23 21-13 atas pasangan gado-gado Indonesia/Rusia, Candra Wijaya/Anastasia Russkikh.

Selain Nova/Liliyana dan Hendra AG/Vita, masih ada satu ganda campuran Indonesia yang menembus perempat final, yaitu Devin Lahardi Fitriawan/Lita Nurlita. Pasangan pelatnas ini mendapat tiket gratis ke babak delapan besar karena menang WO atas unggulan utama dari Korea Selatan, Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung.

Di perempat final, Devin/Lita bertemu pemain Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen. Pasangan unggulan keenam ini lolos setelah menang 21-17 21-8 atas pasangan Korea Selatan, Shin Baek Cheol/Jang Ye Na.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: