Badminton Lovers

Badminton is My Life

Kejutan Lagi! Giliran Simon Singkirkan Chong Wei

Posted by febrikusuma on September 24, 2009

TOKYO, KOMPAS.com — Kejutan besar kembali dibuat pemain Indonesia. Kali ini giliran Simon Santoso yang melakukannya, setelah dia menyingkirkan pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei, di babak kedua turnamen bulu tangkis Jepang Terbuka Super Series, Kamis (24/9).

Dalam pertandingan yang menghabiskan waktu 1 jam 8 menit itu, Simon menang 19-21 21-15 21-19. Alhasil, tunggal nomor dua Pelatnas Cipayung ini pun maju ke babak perempat final.

Kejutan Simon ini melanjutkan apa yang dibuat Adriyanti Firdasari di babak pertama kemarin. Tunggal putri Indonesia tersebut lolos setelah menyingkirkan pemain nomor satu dunia asal Hongkong, Zhou Mi, juga dalam pertarungan tiga set.

Sayang, di babak delapan besar, Jumat (25/9), Simon sudah harus bertemu dengan Sony Dwi Kuncoro. Duel sesama pemain pelatnas ini terjadi setelah Sony yang merupakan unggulan kelima menang 21-19 15-21 21-14 atas pemain China, Chen Long.

Meskipun demikian, “perang saudara” itu justru memastikan bahwa Indonesia menempatkan satu wakilnya di semifinal nomor tunggal putra.

Selain Simon dan Sony, Taufik Hidayat juga meraih kesuksesan. Mantan pemain pelatnas ini menang straight set 21-17 21-18 atas pemain Inggris, Andrew Smith. Selanjutnya, Taufik yang menjadi unggulan keempat akan bertemu pemain veteran Korea Selatan, Park Sung Hwan. Unggulan keenam ini lolos setelah menang 21-10 19-21 21-4 atas pemain tuan rumah Kenichi Tago.

Simon bangkit

Simon yang tidak diunggulkan dalam turnamen ini, mengawali pertandingan dengan buruk. Pasalnya, setelah skor 1-1, dia jauh tertinggal dari pemain andalan Malaysia tersebut, yang sempat unggul 10-2 hingga 19-10. Meskipun sempat mengejar, sampai angka 17, Simon gagal menyamai poin Chong Wei yang kemudian mengakhiri set pertama dengan 21-19.

Di set kedua, Simon mampu bangkit. Malah kali ini dia yang menguasai jalannya pertandingan karena selalu memimpin perolehan poin setelah skor 4-4. Jarak terjauh yang dibuat Simon adalah ketika memimpin 18-11, sebelum dia menyudahinya dengan skor 21-15 dan memaksa rubber set.

Pada game penentuan untuk lolos ke perempat final, Simon bermain sangat agresif. Dia langsung memimpin 7-1, dan terus menjaga jarak tersebut sampai skor 17-12. Di sini, perolehan poin Simon terhenti lama sehingga Chong Wei bisa mengejar dan balik memimpin 18-17.

Meskipun demikian, Simon berusaha tenang dan terus menekan Chong Wei yang pekan lalu ditaklukkan Lin Dan di semifinal China Masters. Alhasil, dia mampu mengejar dan balik memimpin sampai meraih kemenangan 21-19, sekaligus memastikan diri ke perempat final.

Dengan demikian, ini untuk kedua kalinya berturut-turut Chong Wei dikalahkan pemain Indonesia. Sebelumnya, juara Indonesia Terbuka Super Series itu juga disingkirkan Sony Dwi Kuncoro di perempat final Kejuaraan Dunia di India, bulan Agustus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: