Badminton Lovers

Badminton is My Life

Firdasari Anti-klimaks, Gagal ke Perempat Final

Posted by febrikusuma on September 24, 2009

TOKYO, KOMPAS.com – Adriyanti Firdasari gagal melanjutkan kiprahnya di turnamen bulu tangkis Jepang Terbuka Super Series 2008. Satu-satunya tunggal putri Indonesia yang tampil di babak kedua turnamen tersebut tersingkir karena kalah 21-15 19-21 25-25 dari pemain Jerman Nicole Grether dalam duel selama 1 jam 5 menit.

Penampilan Firdasari pada duel Kamis (24/9) ini tampaknya menjadi anti-klimaks. Padahal sehari sebelumnya, dia menghadirkan kejutan yang sangat menghentak karena berhasil menyingkirkan pemain nomor satu dunia asal Hongkong, Zhou Mi, juga dalam pertarungan ketat selama tiga set.

Dengan kegagalan Firdasari ini, maka pupuslah harapan Indonesia untuk meraih prestasi di nomor tunggal putri, karena semua wakilnya telah tersingkir. Maria Kristin Yulianti yang pertama terlempar dari turnamen ini karena di babak pertama dia menyerah dua set langsung dari pemain muda China, Wang Xin–Wang Xin masih bertahan dan maju ke perempat final setelah menang 15-21 21-15 21-14 atas unggulan ketiga dari Denmark, Tine Rasmussen.

Berbekal kemenangan atas Zhou Mi, Firdasari tampil cukup percaya diri menghadapi Grether. Meskipun sering tertinggal dalam pengumpulan poin, Firdasari bisa mengejar dan malah balik memimpin pertandingan di set pertama. Selepas skor 14-14, Firdasari melaju sampai menang 21-15.

Di set kedua, Grether bermain lebih agresif untuk mengejar ketinggalannya sehingga dia sempat memimpin dengan selisih poin yang cukup jauh, yaitu 12-7. Tetapi Firdasari kembali mengejar dan mampu menyamakannya menjadi 18-18. Sayang, memasuki poin kritis Firdasari justru kehilangan angka sehingga Grether yang menang dengan 21-19, sekaligus memaksa rubber game.

Pada set penentuan, pertarungan berlangsung sangat ketat, meskipun Grether yang hampir selalu memimpin. Firdasari memiliki satu kesempatan berada di depan ketika unggul 11-7. Namun dia tak bisa mempertahankan momentum tersebut, sehingga Grether bisa mengejar dan balik memimpin sampai 19-16.

Dalam keadaan tertekan, Firdasari bisa bangkit dan mengejar untuk menyamakan poin menjadi 19-19, sebelum dilanjutkan dengan deuce. Di sinilah akhir perjuangan Firdasari, karena dia akhirnya gagal setelah Grether bisa menambah dua poin untuk menang 27-25 dan maju ke perempat final.

Di babak delapan besar, Grether akan bertemu dengan pemain China Wang Yi Han. Unggulan keempat tersebut lolos setelah menang 21-9 21-14 atas pemain Bulgaria Petya Nedelcheva.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: