Badminton Lovers

Badminton is My Life

Tri Kus Masih Memukau di Sirnas Bulutangkis Bali

Posted by febrikusuma on August 14, 2009

JAKARTA–Pebulutangkis veteran, Tri Kusharjanto, memukau publik Bali dengan permainannya yang menawan. Berpasangan dengan Mona Santoso, mereka mengalahkan ganda campuran Pelatnas Pratama Andhika Azhar/Suci Rizki Andini 21-13, 21-15 di babak kedua Djarum Sirkuit Nasional (Sirnas) Bulutangkis Bali-NTB-NTT Open 2009 di GOR Sweca Pura, Klungkung, Bali, Kamis (13/8).

Peraih emas Asian Games pada 1996 dan 2000 memberikan pelajaran berharga kepada yuniornya, utamanya dengan menunjukkan teknik bermain yang tinggi. ”Tidak tahu kenapa, tiap kali pemain bertemu saya, mereka sudah grogi. Ini keuntungan bagi saya,” kata peraih medali perak Olimpiade Sydney tahun 2000 bersama pasangannya Minarti Timur, dalam rilisnya pada Republika, Kamis.

Tri Kus menilai pemain-pemain Pelatnas Pratama yang dilatih Bambang Suprianto, salah satu pasangannya di ganda putra ketika ia bergabung di Pelatnas Cipayung, menunjukkan peningkatan prestasi setelah menjalani pemusatan latihan selama tiga bulan di Akademi Militer Magelang. Dijelaskannya, yang terpenting bagi atlet adalah mental yang kokoh sehingga mampu mengatasi kondisi seburuk apa pun di lapangan. ”Latihan bagus, belum tentu mereka bagus ketika bertanding. Perlu mental yang kuat dan disiplin menjaga kondisi,” jelasnya..

Tri Kus sendiri di usia yang 36 tahun masih fit menyelesaikan dua partai. Usai berpasangan dengan Mona, hanya selang beberapa menit ia berganti pasangan dengan Dwi Kristiawan. Tri/Kristiawan tidak kesulitan untuk mengalahkan pasangan ganda dewasa dari PB Rudy Bandung, Dedi/Andre dengan skor 21-11, 21-8.

Delapan seri Sirkuit Nasional Bultangkis ini, bagi Tri tidak lain sebagai ajang transfer teknik dan mental kepada pemain-pemain yunior, khususnya skuat Pelatnas Pratama yang kelak akan menopang prestasi bulutangkis Indonesia di masa mendatang. Ia sudah memastikan akan mengikuti Djarum Sirkuit Nasional Sumatra yang akan dilaksanakan di Medan setelah Lebaran Idul Fitri.  ”Saya akan berpasangan dengan Flandy Limpele di ganda putra dan dengan Vita Marissa di ganda campuran,” ujarnya.

Tumbangnya pemain Pelatnas Pratama Andhika/Suci, membuat skuad pelatnas yang menurunkan 10 pasang ganda campuran hanya menyisakan tiga pasangan di babak perempat final, yakni Kevin Alexander/Gebby Ristiyani Imawan yang menang WO atas unggulan kedua dari Mutiara Bandung Budi Santoso/Ema Ermawati, pasangan lainnya adalah Muhammad Nur Rofii/Dwi Agustiawati yang menang atas unggulan kelima dari Tangkas Jakarta Aryanto Haryadi/Endang Nursuginati 21-12, 23-21. Satu pasangan lagi yakni M Rizki Dely Nugraha/Ni Made Claudia A Wijaya menang atas Widi C/Nella S dari Ganesha Tangerang dengan skor 21-18, 21-16.

Mengenai kinerja anak-anak Pelatnas Pratama, Namrih salah satu staf pelatih di tim Pelatnas Pratama menjelaskan, dari lima turnamen yang diikuti termasuk tiga seri Djarum Sirkuit Nasional akan dijadikan bahan evaluasi bagi tim pelatih untuk menilai kecakapan, mental bertanding, dan skill yang perlu ditingkatkan bagi pasukan Magelang ini. ”Yang luar biasa hasil yang dicapai di turnamen Astec di mana Pelatnas Pratama mampu menempatkan tiga wakilnya di babak final yakni di ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran,” ujar Namrih usai mendampingi pemain-pemainnya bertarung di Gor Klungkung.

Dua seri Djarum Sirkuit Nasional di Medan dan Makasar setelah Idul Fitri rencananya juga akan dimanfaatkan pasukan Magelang mendulang pengalaman tanding. ”Namun masih digodok oleh pengurus PBSI dan tim pelatih mengenai perlu tidaknya mengirim wakil mengikuti Djarum Sirkuit Nasional itu,” tegasnya.

( Sumber : Republika )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: