Badminton Lovers

Badminton is My Life

Sony Lengkapi Kesuksesan Tunggal Putra Indonesia

Posted by febrikusuma on August 14, 2009

HYDERABAD, KOMPAS.com – Sony Dwi Kuncoro melengkapi kesuksesan pasukan tunggal putra Indonesia yang berlaga di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2009. Sony yang merupakan unggulan keenam tak terlalu kesulitan untuk menaklukkan pemain andalan tuan rumah, Chetan Anand.

Pada pertarungan yang berdurasi 36 menit di Gachibowli Indoor Stadium, Kamis (13/8), Sony menang straight set 21-16 21-16 atas Anand yang merupakan unggulan ke-15. Dengan demikian, Sony mengikuti jejak Taufik Hidayat dan Simon Santoso.

Dengan demikian, hanya di nomor ini (tunggal putra) Indonesia belum kehilangan satu wakil pun yang berhasil maju ke perempat final. Karena pada nomor lain, para punggawa Tanah Air itu sudah berguguran. Di ganda putra dan tunggal putri, Indonesia sudah tersapu bersih, sedangkan di ganda campuran hanya Nova Widianto/Liliyana Natsir yang masih menjadi andalan.

Sony mengawali pertandingan ini dengan sangat meyakinkan. Sejak angka pertama, dia selalu unggul hingga memenangkan game pertama ini dengan 21-16.

Di set kedua, Anand yang berhasil mengalahkan Sony pada pertemuan terakhir mereka tahun lalu, memberikan perlawanan sengit. Pemain andalan India ini nyaris selalu memimpin meskipun cuma selisih satu poin. Tetapi selepas skor imbang 12-12, Sony yang mendominasi karena dia tak terkejar lagi sampai menang 21-16 dan berhak maju ke perempat final.

Namun di babak delapan besar, Jumat (14/8), Sony akan menghadapi ujian yang sangat besar. Pemain nomor satu di Pelatnas Cipayung tersebut harus bertemu unggulan pertama asal Malaysia, Lee Chong Wei.

Jika semua pemain tunggal putra masih bertahan, lain halnya dengan para wakil Indonesia di sektor lain. Di nomor ganda putra, Indonesia dipastikan tanpa wakil setelah pasangan debutan di Kejuaraan Dunia Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan ditaklukkan ganda putra Malaysia Abdul Latif Mohd Zakry/Mohd Tazari Mohd Fairuzizuan.

Sebelumnya, Mohammad Ahsan/Bona Septano yang merupakan unggulan ketujuh, sudah tersingkir di babak kedua. Padahal, mereka diharapkan bisa melangkah lebih jauh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: