Badminton Lovers

Badminton is My Life

Berat! Sony Bertemu Chong Wei, Simon Tantang Chen Jin

Posted by febrikusuma on August 14, 2009

JAKARTA, KOMPAS.com – Lebih dari separuh wakil Indonesia yang tampil di babak perdelapan final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2009 tersingkir. Sektor ganda putra, ganda putri dan tunggal putri tersapu bersih dari kejuaraan yang berlangsung di Hyderabad, India.

Dari total sembilan partai yang dimainkan para punggawa Tanah Air di babak 16 besar, Kamis (13/8), di Gachibowli Indoor Stadium, hanya empat wakil yang lolos. Dua pasang tunggal putri, satu wakil tunggal putri dan ganda putra serta satu ganda campuran gagal melewati lawan-lawan.

Kepastian habisnya wakil di sektor ganda putri itu diperoleh setelah Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii yang merupakan unggulan ke-13 menyerah dua set langsung dari pasangan China, Du Jing/Yu Yang. Meskipun sudah berjuang keras selama 53 menit, Nitya/Greysia yang menjadi finalis Singapura Terbuka harus menyerah 20-22 12-21 dari unggulan kelima tersebut.

Kini, tinggal tiga pemain tunggal putra yaitu Taufik Hidayat, Simon Santoso dan Sony Dwi Kuncoro serta satu ganda campuran, Nova Widianto/Liliyana Natsir, yang bertahan. Harapan pun dibebankan kepada pundak mereka, agar bisa membawa pulang minimal satu trofi bergengsi tersebut ke negeri yang sedang paceklik gelar bulu tangkis.

Namun, perjuangan Taufik dan kawan-kawan di babak perempat final, Jumat (14/8), dipastikan sangat berat. Pasalnya, lawan-lawan yang akan dihadapi semakin tangguh.

Perjuangan Sony dan Simon tampaknya yang paling berat karena mereka menghadapi dua pemain unggulan teratas. Sony yang merupakan unggulan keenam, harus bertemu unggulan pertama dari Malaysia, Lee Chong Wei, sedangkan Simon (unggulan 13) menantang unggulan kedua dari China, Chen Jin.

Jika prestasi sepanjang tahun 2009 ini menjadi acuan, maka dua tunggal putra Pelatnas Cipayung tersebut bukanlah tandingan. Apalagi Chong Wei, yang memang memasang target menjadi juara dunia setelah menggondol trofi Indonesia Terbuka bulan Juni lalu.

Perjalanan yang agak ringan bakal ditempuh Taufik karena unggulan keempat tersebut bertemu dengan pemain non-unggulan dari Denmark, Jan O Jorgensen. Di atas kertas, Taufik yang pada awal tahun ini memutuskan untuk keluar dari Pelatnas ini memang difavoritkan untuk menang dan lolos ke semifinal, dan dia sendiri yakin dengan peluangnya.

“Makin hari, permainan saya makin bagus, karena lawan juga makin berat. Saya sangat optimistis bisa mengatasi Jorgensen dan lolos ke semifinal,” kata Taufik.

Optimisme yang dilontarkan Taufik ini tentu saja melegakan hati para pecinta bulu tangkis Indonesia. Tetapi, mantan juara dunia 2005 ini harus tetap fokus dan tidak boleh memandang enteng calon lawannya tersebut. Jorgensen telah menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu pemain berbahaya, yang telah ditunjukkan ketika menaklukkan Jan O Jorgensen pemain Thailand, Boonsak Ponsana, untuk meraih tiket perempat final.

Nova/Liliyana pun demikian. Unggulan kedua ini masih menjadi favorit untuk lolos ke semifinal, karena lawan yang dihadapi adalah pasangan India Diju Valiyaveetil/Jwala Gutta. Namun faktor stamina yang bakal menjadi kendala utama bagi Nova, yang sudah berusia 31 tahun.

Akan tetapi, pengalaman dan tekad untuk mempertahankan gelar juara yang diraih dua tahun lalu ini bisa menjadi pembangkit semangat. Dengan demikian, diharapkan Nova/Liliyana bisa menang dan maju ke semifinal.

Jadwal perempat final, Jumat (14/8)

– Tunggal putra
(13) Simon Santoso vs (2) Chen Jin (China)
Jan O Jorgensen (Denmark) vs (4) Taufik Hidayat
(1) Lee Chong Wei vs (6) Sony Dwi Kuncoro

– Ganda campuran
(8) Diju Valiyaveetil/Jwala Gutta (India) vs (2) Nova Widianto/Liliyana Natsir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: